Iklan

Iklan

Manasik Haji Jamaah Bone, Begini Pesan Motivasi Kakanwil Kemenag Sulsel

25 April 2024, 11:25 PM WIB Last Updated 2024-04-26T02:28:12Z

Kakanwil Kemenag Sulsel saat memberikan sambutan pada manasik haji jamaah Bone/ Foto : Sugi

RAKYATSATU.COM, BONE
- Kementerian Agama kembali melaksanakan manasik haji tingkat Kabupaten Bone tahun 1445 H/2024 M.


Ratusan jama'ah calon haji Kabupaten Bone yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah tampak antusias mengikuti manasik haji dipusatkan di Masjid Al-Markaz Al-Ma'arif, kota Watampone, Kamis (25/4/2023).


Dalam kegiatan itu Kakan Kemenag Bone selaku panitia haji melaporkan beberapa hal terkait jamaah haji 2024 termasuk kuota yang berangkat haji tahun ini sebanyak 846 orang diluar petugas haji dan diantaranya ada 33 orang prioritas lansia.


Selain itu Kakan Kemenag juga menyampaikan secara rinci jumlah peserta kloter serta jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Kabupaten Bone ke tanah air.


Adapun jumlah petugas haji yaitu TPHI/ketua kloter 1 orang, pembimbing ibadah 1 orang, PHD 5 orang, TKHK 4 orang dan ketua KBIHU 3 orang.


Sedangkan kloter yang akan diberangkatkan terdiri dari tiga kloter, yaitu kloter 1/UPG 14 Gel.I, kloter 2/UPG 18 Gel. II dan kloter 3/UPG 26 Gel II.


Selanjutnya jumlah pendaftar keseluruhan calon jamaah haji Bone tercatat sebanyak 27.545 orang dengan estimasi daftar tunggu selama 37 tahun.


Sementara itu Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel diwakili Kepala Bidang Urais H. Wahyuddin Hakim menyampaikan beberapa pesan motivsi Kakanwil berkaitan pemberangkatan jamaah calon haji Bone.


Pesan-pesan itu diantaranya meminta jamaah haji untuk mengikhlaskan niat dan meperbaiki sifat dan perilaku. "Mari kita ikhlaskan niat kita agar penyakit-penyakit ingin dipuji, sombong dan sebagainya tidak muncul dalam diri kita," ucapnya.


Selain itu Kakanwil Kemenag juga berharap agar jamaah harus bersabar karena ujian berhaji itu sangat besar. "Haji itu bukan hanya non fisik tapi lebih banyak ke fisik, ujiannya banyak sekali jadi harus ada kesabaran," harapnya.


"Saya juga sampaikan agar jamaah senantiasa melakukan salat taubat serta menjaga kesehatan dengan rutin berolah raga dan perbanyak minum air putih," kata Wahyuddin menyampaikan pesan-pesan Kakanwil Kemenag Sulsel.


Hadir membuka acara, Pj. Sekda Andi Gunadil Ukra mewakili Pj Bupati Bone. Pada kesempatn itu ia juga turut menyampaikan pesan dan harapan kepada jamaah haji Bone.


"Pemberangkatan jamaah haji itu adalah panggilan Allah SWT, oleh sebab itu perlu mempersiapkan diri baik fisik dan mental agar bisa beribadah secara khusyuk," jelasnya.


"Pesan saya, mari kita saling bahu membahu saling membantu dan menjaga nama baik Kabupaten Bone ini, jangan gonto gontokan dan sebaiknya kerjasama dengan baik," ujarnya.


Diakhir sambutannya Andi Gunadil juga berharap pada pemberangakatan calon haji tahun ini semua jamaah haji Bone selamat tiba kembali di tanah air. "Mari kita doakan semua agar bisa berjalan lancar dan semoga ibadahnya jadi mabrur," harapnya.


Diselah kegiatan manasik haji dilanjutkan penyerahan bantuan bencana alam korban kebakaran kepada salah satu Qoriah tingkat Nasional Andi Marwah, S.Ag dari keluarga besar Kementerian Agama dan Baznas Bone. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Manasik Haji Jamaah Bone, Begini Pesan Motivasi Kakanwil Kemenag Sulsel
  • 0

Terkini

Iklan