Iklan

Iklan

SMPN 15 Simbang Terpilih Sebagai Pilot Project Sekolah Sehat

19 Februari 2024, 10:32 AM WIB Last Updated 2024-02-24T06:35:12Z

Jajaran SMPN 15 Simbang saat foto bersama/ Foto : Arul

RAKYATSATU.COM, MAROS
- UPTD SMPN 15 Simbang adalah sebuah lembaga sekolah SMP negeri yang beralamat di Jl. Parangtinggia, Kec Simbang, terpilih sebagai pilot project sekolah sehat tingkat SMP wakil Kabupaten Maros dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi  Sulawesi Selatan.


Kepala sekolah UPTD SMPN 15 Simbang Hj Suriani yang dihubungi mengaku sangat bersukur sekolahnya bisa menjadi wakil Kabupaten Maros menjadi pilot project sekolah sehat dari kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi  Sulawesi Selatan.


”Kepercayaan yang diberikan kepada kami tentu menjadi motivasi dan tanggung jawab kolektef dari semua steholder sekolah untuk terus berinivasi agar mampu membawa nama baik Maros ditingkat nasional.” ujar Suriani.


Ditambahkan Suriani usaha kesehatan sekolah (UKS) memiliki peranan yang penting. Dengan adanya UKS dan pemahaman kesehatan mendasar, menjadi cermin sekolah sehat. 


“Selain, untuk mengetahui kondisi kesehatan warga sekolah dan memotivasi derajat kesehatan anak didik,” ujar Suriani. 


Kesadaran pentingnya lingkungan sekolah yang sehat menjadi tujuan utama agar para peserta didik kami merasa nyaman berada dilingkungan sekolah.“Juara atau tidak, bagi kami bukan tujuan utama tapi kesadaran kesehatan ini jadi langkah dalam menciptakan sekolah bersih indah dan sehat,” ujar Suriani. 


Disebutkan Suriani, sekolah yang dipimpinnya  telah berhasil menjadi juara satu sekolah bersih dan indah tingkat Kabupaten Maros. Kemudian juara  dua lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Maros 2023 lalu. Penilain yang  dilakukan pada Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten  itu terdiri dari beberapa variabel diantaranya, ruang fisik sekolah, ruang UKS, administrasi UKS dan manajemen UKS,kebun dan pagar sekolah, Kamar mandi, pengelolaan limbah, termasuk ketersediaan tempat ibadah oleh tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maros. 


“Hasil  penilaian lomb ini menjadi dasar sehingga sekolah kami SMP 15 Simbang menjadi wakil Maros untuk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.”tutup Suriani.


Kepala Bidang Pembinaan SMP Jamaluddin dihubungi terpisah membenarkan SMPN 15  Simbang ditunjuk sebagai pilot Project sekolah sehat yang mewakili Maros.” Ada dua sekolah SD dan SMP  telah ditunjuk sebagai pilot project  sekolah sehat berdasarkan Surat keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.” ujar Jamaluddin.


Ditambahkan Jamaluddin dari sekian banyak sekolah tingkat SMP yang dikunjungi secara langsung meman SMP 15 Simbang sangat berayarat menjadi pilot project sekolah sehat. Suasana sekolah sangat  bersih,astri, indah dan nyaman dan sudah cocok menjadi sekolah pilot project sekolah sehat karena tujuanya meningkatkan kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih sehat (PHBS).


"Lingkungan sekolah yang sehat memungkinkan peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.”tutup Jamaluddin. [Ikhlas/Arul]


Komentar

Tampilkan

  • SMPN 15 Simbang Terpilih Sebagai Pilot Project Sekolah Sehat
  • 0

Terkini

Iklan