Iklan

Iklan

AAP Semangati Petani Kembangkan Bisnis Hortikultura

21 November 2023, 12:45 PM WIB Last Updated 2023-11-21T06:48:06Z

Anggota Komisi IV DPR RI Dr. H. Andi Akmal Pasluddin, S.P., M.M., berswafoto bersama usai membuka bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani atau pelaku usaha di Hotel Helios, Jl. Langsat, kota Watampone, Sulawesi Selatan, Minggu (19/11/2023)/ Foto : Sugi

RAKYATSATU.COM, BONE
- Anggota Komisi IV DPR RI Dr. H. Andi Akmal Pasluddin, S.P., M.M., terus mendorong dan memberikan semangat kepada para petani untuk meningkatkan kapasitas hasil pertanian melalui pengembangan tanaman Hortikultura.


Hal itu disampaikan Legislator Fraksi PKS Dapil Sulsel II dihadapan para petani dan para pelaku usaha saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani atau pelaku usaha di Hotel Helios, Jl. Langsat, kota Watampone, Selawesi Selatan, Minggu (19/11/2023). 


Andi Akmal Pasluddin bersama Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian RI menggelar Bimtek di beberapa tempat dan diikuti oleh ratusan peserta dari para petani dan kaum milenial.


Andi Akmal Pasluddin menjelaskan tentang bagaimana strategi dalam mengembangkan tanaman Hortikultura itu. Menurutnya Kabupaten Bone memiliki banyak potensi dan memiliki lahan yang cukup luas untuk mengembangkan tanaman Hortikultura.


"Seperti buah sukun ini tanam khas di Bone bisa dibuat kripik sebagai oleh-oleh, buah-buahan yang bisa menjadi nilai ekonomi dengan menciptakan kampung buah yang bisa jadi ciri khas daerah," kata Andi Akmal.


Salah satu putra terbaik Bone itu juga mendorong para petani bagaimana bisa mengolah Holtikultura itu menjadi bernilai bisnis dan berkelanjutan produksinya.


"Kita bisa membuat grand house untuk menanaman sayur sayuran sehingga banyak potensi bisa dikembangkan di Bone. Sekarang kita bisa beralih menjadi petani moderen tidak perlu lagi gensi dan harus optimis karena ini banyak potensi kita yang bisa dimaksimalkan," ujarnya.


"Kita harus bangga dengan hasil pertanian kita di Kabupaten Bone, mudah mudahan anak-anak muda kita bisa tertarik berbisnis Hortikulutura," harapnya.


Kegiatan Bimtek juga menghadirkan pemateri dari Direktorat Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Dr. Ermia Sofiyessi, S.TP, M.Agr.


Pelaksanaan bimbingan teknis ini turut dihadiri Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone serta Staf Ahli DPR RI Andi Haeril Adfa, SH.


Selain pengembangan tanaman Hortikultura, Andi Akmal Pasluddin bersama Aher juga menyerahkan bantuan perikanan senilai 1 Miliar kepada kelompok pembudidaya ikan di beberapa kecamatan di Kabupaten Bone, Senin (20/11/2023). [Ikhlas/Sugi]


Komentar

Tampilkan

  • AAP Semangati Petani Kembangkan Bisnis Hortikultura
  • 0

Terkini

Iklan