Iklan

Iklan

Tim Verifikasi KKS Lakukan Penilaian di Kabupaten Maros

15 September 2023, 6:26 PM WIB Last Updated 2023-09-17T07:29:20Z

Pemerintah Kabupaten Maros lakukan pertemuan dengan tim verifikasi KKS, di ruang kerja Bupati, Jumat (15/9/2023)/ Foto : Dok. Pemkab Maros 

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional melakukan penilaian di 17 titik lokasi di Kabupaten Maros, Jumat (15/9/2023). 


Ketua tim verifikasi, Hadrian Marta mengatakan, ada sembilan tatanan yang harus dipenuhi untuk meraih predikat Swasti Saba Wistara atau predikat tertinggi sebuah kota sehat. 


Dimulai dari masyarakat sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, pasar, pendidikan, pariwisata, transportasi dan lalu lintas jalan, tatanan perindustrian dan perkotaan, perlindungan sosial, dan pencegahan penanggulangan bencana. Ia menyebut penghargaan ini dilakukan tiap dua tahun sekali. 


“Tiap tahun ganjil. Jadi tahun genapnya itu daerah melakukan pembinaan. Kita menilai capaian dari tatanan dua tahun terakhir,” ucapnya. 


Tahun ini Kabupaten Maros membidik penghargaan tertinggi yakni, Swasti Saba Wistara. Menurut Hadrian, capaiannya harus 90 persen dari tiap tatanannya. 


“Tadi kami dari SD Angkasa dan itu sudah baik, tidak ada catatan yang signifikan. Kemudian di MPP juga sudah luar biasa, bisa menjadi tempat percontohan penerapan KTR. Sama sekali saya tidak menemukan smoking area,” katanya. 


Bupati Maros, Chaidir Syam menyebut ada 10 lokasi yang akan dikunjungi tim verifikasi hari ini. Mulai dari Sekretariat Tim Pembina (Kantor Bupati), Sekolah Sehat SD Angkasa 3 Mandai. Mall Pelayanan Publik, Masjid Al Markas. 


Sekretariat Forum Kabupaten Sehat, Sekretariat Forum Kecamatan Turikale, Sekretariat Pokja Kelurahan Pettuadae, Perpustakaan Ibu dan Anak, Komunitas Anak Sungai Rammang-rammang, dan Pariwisata Sehat Dolly (Desa Tukamasea) Kemudian besok Pasar Tramo, Terminal Tipe C, TPST Turikale, Lokus Uji Emisi Kendaraan Bermotor (Lapangan Pallantikang), Posyandu Prima Desa Mattirotasi Maros Baru, Puskesmas Turikale, dan UMKM Poklasar Cahaya Bandeng Desa Kurusumange Tanralili. 


“Kami optimistis Maros bisa meraih predikat tertinggi kota sehat yakni Swasti Saba Wistara.” Sebut Bupati. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • Tim Verifikasi KKS Lakukan Penilaian di Kabupaten Maros
  • 0

Terkini

Iklan