Iklan

Iklan

Pelayanan di Semester I 2023, Masyarakat Apala Memberi Penilaian Begini

20 Juni 2023, 11:05 AM WIB Last Updated 2023-06-20T03:05:10Z

Pelaksanaan rapat Monev perangkat Pemerintahan Kelurahan Apala di halaman kantor Lurah Apala, Jl Poros Bone-Sinjai Km 9, Senin (19/6/2023)/ Foto : Rasul

RAKYATSATU.COM, BONE
- Masyarakat Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, memberikan penilaian memuaskan atau merasa puas dengan pelayanan dan kinerja perangkat Pemerintah Kelurahan Apala selama satu semester atau enam bulan terakhir di 2023 ini.



Penilaian itu diungkapkan masyarakat saat rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelayanan dan Kinerja Perangkat Pemerintah Kelurahan Apala di halaman kantor Kelurahan Apala, Jl Poros Bone-Sinjai Km 9, Senin (19/6/2023) kemarin.



Salah seorang tokoh masyarakat (tomas) Kelurahan Apala, Andi Tobba menuturkan bahwa kinerja dan pelayanan aparat pemerintah Kelurahan Apala sangat memuaskan. 



Hal itu dapat dibuktikan tidak ada kepentingan masyarakat tidak terladeni walau bukan pada jam kantor (07.30 Wita - 17.00 Wita).



"Ini yang patut kita syukuri sebab pelayanan pemerintahan dan perangkatnya di Kelurahan Apala tak mengenal waktu. Biar bukan jam kantor atau jam kerja, jika masyarakat butuh maka aparat pemerintah khususnya pak Lurah, pak Babinsa dan pak Babinkamtibmas langsung bergerak," jelas Andi Tobba.



Hal senada diungkapkan oleh Imam Kelurahan Apala, H Adam Patanjengi. Bahkan menurutnya, kegiatan keagamaan selama ini berjalan sebagaimana mestinya dan kerukunan tetap terjaga walau ada dua masjid di Kelurahan Apala berdekatan.



"Alhamdulillah, tak ada kegiatan keagamaan yang tidak terlaksana selama ini. Hanya ada satu catatan penting yakni pelaksanaan zakat mal belum maksimal. Semoga suatu saat zakat mal dapat terlaksana seperti zakat fitrah," tutur H Adam Patanjengi.



Sementara itu Lurah Apala, Sainal Abidin menjelaskan bahwa Monev itu bertujuan untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan kepada masyarakat atas penggunaan anggaran yang dikelola (prinsip akuntabilitas) dan untuk menginventarisir faktor – faktor pendukung dan penghambat sebagai bahan evaluasi agar program/kegiatan selanjutnya dapat lebih berdayaguna dan berhasil-guna.



Selain itu, monev mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan hingga mengamati perkembangan dan menilai kinerja organisasi, program, dan kebijakan yang telah dilaksanakan.



"Dengan Monev maka kita dapat mengetahui ukuran keberhasilan dan kekurangan apa yang telah dilaksanakan. Tentu Monev ini sangat penting maka kami melaksanakan per semester (6 bulan) sekali," jelas Sainal Abidin.



Adapun perangkat pemerintahan Kelurahan Apala yang mendapatkan penilaian dari masyarakat yang diwakili oleh tomas, tokoh agama, perwakilan perempuan dan pemuda adalah lurah, Ketua TP penggerak PKK Kelurahan Apala, Ketua LPM Kelurahan Apala, kepala lingkungan dan Ketua RT serta Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Apala. [Ikhlas/Rasul]

Komentar

Tampilkan

  • Pelayanan di Semester I 2023, Masyarakat Apala Memberi Penilaian Begini
  • 0

Terkini

Iklan