-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Babinsa Koramil 11 Barebbo Dampingi Tim Vaksinasi Sapi di Apala

07 Maret 2023 | 10:01 PM WIB |

Babinsa Koramil 11 Barebbo Kelurahan Apala saat mendampingi tim vaksinasi sapi Dinas Peternakan Bone di Kelurahan Apala, Selasa (7/3/2023) / Foto : Rasul



RAKYATSATU.COM, BONE
- Tim Vaksinasi Sapi Dinas Peternakan Kabupaten Bone untuk Kecamatan Barebbo dipimpin oleh Muh Amin, melaksanakan vaksinasi sapi di Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo, Selasa (7/3/2023) dengan didampingi Babinsa Koramil 11 Barebbo Kelurahan Apala, Serka Maman Suryaman.


Pada kegiatan vaksinasi sapi tersebut, ada sekira 200 ekor sapi milik warga Kelurahan Apala yang divaksin yang tersebar di tiga (3) lingkungan, yakni Lingkungan Amessangeng, Matekko dan Gattareng dari lima (5) lingkungan di Kelurahan Apala.


"Hari ini ada sekira dua ratusan sapi yang divaksin. Ada yang baru vaksin pertama dan ada juga yang sudah vaksin kedua. Besok akan dilanjutkan lagi di Lingkungan Apala dan Lingkungan Waru," jelas Serka Maman Suryaman.


Hal senada diungkapkan Muh. Amin. Bahkan menurutnya, vaksinasi ternak sapi tersebut adalah salah satu cara untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tertentu. Tujuan dari vaksinasi intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) pada ternak sehingga dapat melawan antigen atau mikro-organisme penyebab penyakit.


Ia juga menambahkan, untuk Kelurahan Apala akan dilaksanakan vaksin sapi selama dua hari, sebab Kelurahan Apala selain warganya petani juga banyak peternak sapi. Baik sapi Bali maupun sapi Limosin.


Selain itu, Kelurahan Apala merupakan salah satu daerah di Kecamatan Barebbo yang ternak sapinya sangat kurang terkena PMK. Dan yang terkena PMK pun tidak banyak yang mati. Hanya diperkirakan tiga ekor.


"Alhamdulillah, para peternak sapi di Kelurahan Apala rutin melakukan penyuntikan dan vaksin sapi. Apalagi dengan adanya PMK ini, sehingga merupakan salah satu desa/kelurahan yang tidak banyak sapinya yang mati terkena PMK," ujar Muh. Amin.


Katanya lagi, Vaksinasi PMK merupakan program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang spesifik terhadap penyakit PMK. Diharapkan sapi-sapi yang sudah divaksin akan membentuk kekebalan, mencegah hewan ternak tersebut sakit, dan mencegah penularan antar hewan ternak. [Ikhlas/Rasul]


×
Berita Terbaru Update