-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PPS Apala Laksanakan Apel Kesiapan Pantarlih Pemilu 2024

12 Februari 2023 | 11:56 AM WIB |

Ketua PPS Kelurahan Apala saat memimpin apel kesiapan, di halaman kantor Pemerintahan Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Minggu (12/2/2023)/ Foto : Rasul

RAKYATSATU.COM, BONE
- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Apala melaksanakan Apel Kesiapan di halaman kantor Pemerintah Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Minggu (12/02/2023).


Ketua PPS Kelurahan Apala, Andi Latenritatta Madening menjelaskan, Apel Kesiapan Pantarlih Pemilu 2024 ini dilaksanakan serentak pada 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota, sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah para Partalih Kelurahan Apala.


Pada Apel Kesiapan Pantarlih Pemilu 2024 Kelurahan Apala ini, Ketua PPS Kelurahan Apala membacakan sambutan seragam Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari.


Dalam sambutannya Hasyim Asy'ari mengemukakan, tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Umum. 


Oleh karena itu, pemutakhiran data pemilih menentukan bagi tahapan pemilu selanjutnya. Jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya akan terganggu.


Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. Untuk itu perlu adanya kesiapan Pantarlih dalam menjalankan tugas pemutakhiran data pemilih.


Kesiapan Pantarlih dalam menjalankan tugas pemutakhiran data pemilih meliputi, berkoordinasi dengan tokoh masyarakat lokal pada saat akan memulai dan selesai melakukan Pencocokan dan Penelitian (coklit).


Dalam setiap pelaksanaan Coklit, Pantarlih wajib menggunakan atribut/kelengkapan Pantarlih. Dalam melaksanakan tugas, Pantarlih wajib mengisi buku kerja untuk mencatat semua aktivitas yang dilakukan.


Apabila ada hal-hal yang belum jelas agar berkoordinasi dengan PPS, PPK atau KPU kabupaten/kota.


Hal senada diungkapkan Ketua PPS Kelurahan Apala, Andi Latenritatta Madening. Bahkan menurutnya, harus menyusun langkah strategis untuk mensukseskan Pemilu agar terselesaikan dengan baik.


"Coklit disini ternyata banyak hal baru dalam tahapan Pemilu, berbeda dengan tahun kemarin yang istilahnya masih tradisional, saat ini sudah ada E-Coklit dan terhubung langsung dengan server KPU RI," jelas Andi Latenritatta.


"Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam melaksanakan tugas jangan hanya terkonsentrasi pada 10 hari terakhir. Keakurasian dalam memasukan data akan berpengaruh terhadap hasil akhir," ujarnya lagi.


Gaji Pantarlih Pemilu 2024 yaitu Rp 1.000.000. Masa kerja Pantarlih Pemilu 2024 adalah dari 6 Februari 2023 hingga 15 Maret 2023. Di Kelurahan Apala ada 8 orang Pantarlih.


Apel Kesiapan Pantarlih Pemilu 2024 Kelurahan Apala sekaligus pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dihadiri Lurah Apala Sainal Abidin, Babinsa Kelurahan Apala Serka Maman Suryaman, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Barebbo Andi Nuraodah, Pengawas Desa/Kelurahan (PDK) Apala Muhammad Syaiful Musti, dan seluruh anggota PPS Kelurahan Apala. [Ikhlas/Rasul]

×
Berita Terbaru Update