-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

MTQ Tingkat Kabupaten Asahan Resmi Digelar, Ini Pesan Bupati

28 Februari 2023 | 4:04 PM WIB |

Bupati Asahan Surya bersama pejabat pemkab Asahan serta forkopimda saat melepas balon sebagai tanda dimulainya MTQ tingkat Kabupaten Asahan, di Desa Perkebunan Aek Tarum, Selasa (28/2/2023) / Foto : Dok. Pemkab Asahan

RAKYATSATU.COM, ASAHAN
- Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Desa Perkebunan Aek Tarum, Kecamatan Bandar Pulau dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc, Selasa (28/2/2023). 



Pembukaan MTQ ke-54 ini diawali dengan pawai ta'aruf yang diikuti Kafilah dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan, Camat, ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Drumband, Anak Sekolah dan masyarakat Kecamatan Bandar Pulau.



Pawai ta'aruf sendiri dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan beserta Istri, Kajari Asahan beserta Istri, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Danlanal TBA, Mewakili Kapolres Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, General Maneger Field PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate OPD, Kakankemenag Kabupaten Asahan, Camat, ASN di Lingkungan Pemkab Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua DWP Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua LPTQ Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya. 



Usai melaksanakan pawai ta'aruf, Bupati Asahan beserta rombongan menuju mimbar utama yang berada di Lapangan Sepak Bola Dusun I Perkebunan Aek Tarum untuk membuka MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023. 



Ketua Panitia Pelaksana MTQN Ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Buwono Prawana, SIP, M. Si dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor : 100.3.3.2-23.1-1.3 Tanggal 15 Februari 2023 Tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023. 



Lebih lanjut Ketua Panitia yang juga merupakan Asisten I Pemerintah  dan Kesra tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan ini  dilaksanakan selama 7 hari sejak tanggal 27 Februari 2023 sampai dengan 05 Maret 2023, dan diikuti oleh 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta sebanyak 940 orang terdiri dari 473 Putra dan 467 Putri.



Selanjutnya Buwono menyampaikan, adapun cabang yang akan dipertandingkan adalah Cabang Tilawah, Hifzil Qur'an, Hifzil Hadist, Khattil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Qira'ah Sab'ah Mujawwad, Qira'ah Sab'ah Murottal dan Karta Tulis Al-Qur'an. "Bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan berupa Piagam, Throphy dan uang tunai", tandasnya.



Sementara General Maneger Field PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate Ir. H. Gatot Andrianto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah mempercayakan PT. Bridgestone menjadi lokasi disenggarakannya MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan. 



"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami, yang dapat membantu Pemerintah Kabupaten Asahan untuk mensukseskan program kerjanya", ucapnya.



Selain itu Gatot mengatakan, PT. Bridgestone akan menyambut baik para kafilah dan dewan hakim yang mengikuti kegiatan ini. 



"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut, dan kami akan siap mendukung kegiatan tersebut. Ini dilakukan agar keberadaan PT Bridgestone ditengah masyarakat dapat bermanfaat", ucap Gatot menutup sambutannya.



Sebelum memberikan bimbingan dan arahan Bupati Asahan dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S. Sos, M. Si memberikan penali kasih kepada Muhammad Daud Sitorus yang berhasil meraih Juara II MTQ Nasional Cabang Tilawah Golongan Remaja Putra Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 75 Juta serta kepada Naura Muthia Khasyi Marpaung dan Suhaila Rahmi yang berhasil Juara III Nasional Fahmil Qur'an Putri Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 50 Juta.



Selanjutnya dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan mengatakan, dari tahun ketahun kualitas peserta Musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan yang lainnya, walau belum maksimal sepenuhnya. 



"Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri", ujar Bupati.



Lebih lanjut Bupati berharap, kepada para Qari, Qori'ah, Hafidz, Hafizhah dan para penggiat Al-Qur'an lainnya untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur'ani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat diperhitungkan pula dari segi kemampuan dan kualitas. 



Selain itu Bupati berharap kepada para peserta dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhirnya pelaksanaannya nanti, menghasilkan Qari dan Qari'ah, Hafidz dan Hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan, yang akan menjadi Duta Kabupaten Asahan pada event seleksi Tilawatil Qur'an Tingkat Provinsi dan Nasional. 



"Kepada Dewan Hakim, sesuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku", ucapnya. 



Tak lupa Bupati mengucapkan terima kasih kepada Muhammad Daud Sitorus, Naura Muthia Khasyi Marpaung dan Suhaila Rahmi yang telah berhasil mengharumkan nama Kabupaten Asahan di kancah Nasional. 


Diakhir kegiatan Bupati Asahan beserta Forkopimda Kabupaten Asahan dan tamu undangan menekan tombol sirene dan melepaskan balon, menandakan MTQ ke-54 resmi dibuka. [Ikhlas/Ery]

×
Berita Terbaru Update