-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Empat Parpol Berpeluang Dapat Kursi di Dapil 7 Bone Sulsel. PPP Bakal Raih Satu Kursi?

28 Februari 2023 | 3:03 PM WIB |

Ilustrasi Kursi DPR/ Foto : Dok. Internet

RAKYATSATU.COM, BONE
- Jumlah kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) yang rencananya akan digelar Februari 2024 nantinya, bakal ada yang bertambah dan ada pula yang berkurang.


Seperti pada Daerah Pemilihan (Dapil) 7 Bone Sulawesi Selatan, yang di Pileg-pileg sebelumnya mendapatkan jatah kursi DPRD Provinsi Sulsel, 7 kursi maka di Pileg 2024 nanti bakal berkurang satu (1) kursi. Jadi menyisakan enam (6) kursi 


Hal itu pun menjadi perbincangan hangat di kalangan politisi dan masyarakat bahkan para pengamat politik. Selain itu, ada pula yang menghubungkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bone 2024.


Salah seorang pengamat politik di Kabupaten Bone, Andi Muhammad Edy mengatakan, ajang Pileg Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya di Dapil 7 Bone bakal menjadi ajang tolak ukur bagi beberapa kandidat yang akan maju di Pilkada Bone.


"Jadi itu tidak menutup kemungkinan ada caleg yang menjadikan Pileg sebagai tolak ukur untuk Pilkada 2024. Seperti saat ini, berhembus issu kalau Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle akan bertarung di Pileg Provinsi Sulsel dengan mengendarai PPP," ujar Andi Muhammad Edy, Selasa (28/02/2023).


"Jika betul H Ambo Dalle bertarung di Pileg Provinsi Sulsel melalui PPP maka ini sangat menarik dan tentu persaingan para partai politik untuk mendapatkan kursi DPRD Provinsi Sulsel semakin ketat," ujarnya lagi.


Apalagi katanya, di Pileg Provinsi Sulsel Dapil 7 Bone hanya menyisakan 6 kursi dari 7 kursi sebelumnya.


"Saat ini, ada survei lokal yang saya akui akurasinya dalam pesta demokrasi, yakni survei Rakyat berSatu. Prediksi survei tersebut, margin erornya sangat minim," ujar Andi Muhammad Edy.


Lanjutnya, survei Rakyat berSatu yang dinakhodai, Abdi Sandi memprediksi bahwa, jika Pileg dilaksanakan saat ini maka tiga (3) parpol yang diprediksi bakal mendapatkan kursi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Dapil 7 Bone yakni, partai Golkar, Gerindra, PAN dan plus satu (1) parpol yakni PPP jika didalam caleg nya ada Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle.


"Jika demikian hitung-hitungannya maka tinggal menyisakan dua (2) kursi yang akan diperebutkan parpol lainnya. Ada beberapa parpol yang diprediksi berpeluang yakni Nasdem, PKS, Demokrat, dan PDIP, serta parpol lainnya," jelasnya.


Adapun parpol peraih kursi di Pileg Provinsi Sulsel Dapil 7 Bone pada tahun 2019 yakni :

GOLKAR

: 1 (95.147)

•GERINDRA : 1 (45.694)

•PAN

: 1 (39.136)

•NASDEM

: 1 (37.521)

•PDIP

: 1 (37.231)

•PKS

: 1 (34.416)

•DEMOKRAT : 1 (32.257)

[Ikhlas/Rasul]



×
Berita Terbaru Update