Iklan

Iklan

Tingkatkan Perekonomian Keluarga, Istri Personel Brimob Bone Ini Bentuk KWT di Dusunnya

23 Desember 2022, 9:01 AM WIB Last Updated 2022-12-23T05:35:33Z

Isteri personel Brimob Bone membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) di Dusun Bulu, Desa Corawali, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Kamis (22/12/2022). KWT memanfaatkan lahan kosong guna meningkatkan perekonomian/ Foto : Dok. Brimob Bone

RAYATSATU.COM, BONE
- Salah seorang Bhayangkari Brimob Bone, Andi Indah Sari Fatimah mengajak masyarakat sekitarnya memanfaatkan lahan kosong khususnya pekarangan halaman rumah.


Bahkan isteri personel Brimob Bone, Bharatu Zulfadli itu membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) di Dusun Bulu Desa Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Kini telah memiliki 15 orang anggota yang merupakan para tetangganya dengan mengola lahan kebun yang selama ini merupakan lahan tidur.


Andi Indah Sari Fatimah menjelaskan, Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mereka bentuk merupakan salah satu kelembagaan petani yang mana para anggotanya terdiri atas wanita yang berkecimpung dalam kegiatan pertanian.


"Para anggota KWT kami adalah tetangga semua. Awalnya kami hanya memanfaatkan lahan pekarangan lalu bersama-sama mengola lahan kosong yang ada di samping kandang ayam," ujar Andi Indah Sari Fatimah, Kamis (22/12/2022).


Lanjutnya lagi, untuk saat ini lahan kebun mereka hanya ditanami sayur-sayuran dengan pengadaan bibit sendiri, seperti tomat, lombok, kangkung, pepaya, terong dan beberapa bibit tanaman sayuran. 


Ia pun berharap, suatu saat mendapatkan bantuan bibit dari pihak terkait untuk semakin mengembangkan KWTnya yang diberi nama KWT Tenribetta Indah Bersama.


"Kami ada 15 orang ibu-ibu membentuk KWT ini walau belum secara resmi. Adapun pengadaan bibit adalah pengadaan sendiri. Terkadang kami juga meminta ke teman. Semoga suatu saat kami mendapatkan bibit tanaman sayuran," harapnya.


Ia menambahkan, lahan yang dia kelola bersama para ibu-ibu tetangganya memiliki luas sekira 7 meter x 10 meter.


Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa alasan dirinya membentuk KWT Tenribetta Indah Bersama itu adalah untuk membantu para ibu rumah tangga yang ada di sekitarnya, khususnya perempuan yang berasal dari golongan sosial kurang mampu untuk berpartisipasi dalam kegiatan desa sehingga mereka bisa memiliki kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian keluarga.


"Kemudian sesuai arahan Komandan Batalyon (Danyon) Brimob Bone untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang kosong dalam meningkatkan perekonomian keluarga dengan menanami sayuran dan lombok serta tomat dan buah-buahan," jelas Andi Indah Sari Fatimah.


Sementara itu secara terpisah, Danyon C Pelopor Brimob Bone, Kompol Nur Ichsan mengatakan bahwa personel Bhayangkari Brimob Bone harus memiliki kegiatan, khususnya dalam melaksanakan kegiatan budidaya tanaman sayur, buah, toga dan lumbung hidup dan ternak. 


"Lahan pekarangan dilkelola mejadi lahan usaha pertanian untuk mendukung kebutuhan pangan sehari hari, dalam pelaksanannya melakukan kegiatan penanaman sayur, buah dan melakukan usaha ternak untuk kebutuhan protein hewani keluarga," ujar Kompol Nur Ichsan yang keren dengan istilah Tindizzz ini.


Sebagai tambahan, adapun fungsi KWT adalah memberdayakan masyarakat perempuan untuk memiliki kemapuan dalam melewati batasan sosial yang kadang-kadang menghalangi perempuan yang berasal dari golongan sosial kurang mampu untuk berpartisipasi dalam kegiatan desa/kelurahan.


Sedangkan Bidang Usaha Anggota KWT, seperti Pendampingan Usaha Jahit Menjahit, Usaha Pengolahan Pangan Lokal, Usaha Bidang Peternakan, Pemanfaatan Lahan Pekarangan, dan Usaha Simpan Pinjam. [Ikhlas/Rasul]

Komentar

Tampilkan

  • Tingkatkan Perekonomian Keluarga, Istri Personel Brimob Bone Ini Bentuk KWT di Dusunnya
  • 0

Terkini

Iklan