Iklan

Iklan

Begini Cara Pemerintah Sinjai Manfaatkan Pontesi Daerah

05 Desember 2022, 11:40 AM WIB Last Updated 2022-12-05T04:02:32Z

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa saat menyerahkan bantuan alat perikanan kepada Nelayan, di Halaman Kantor Dinas Perikanan Sinjai, beberapa waktu lalu/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Pemerintah Kabupaen (Pemkab) Sinjai melakukan upaya-upaya untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan potensi daerah.


Salah satu potensi yaitu sektor Perikanan. Dimana dalam satu tahun hasil tangkapan mencapai puluhan ribu ton. 


Dari informasi yang diperoleh, tiap tahun Pemkab Sinjai mengalokasikan anggaran untuk pemberian bantuan alat perikanan tangkap, bantuan perahu bagi nelayan tradisional serta pengembangan industri hasil laut dan tambak serta termasuk pengadaan bibit unggul bagi pelaku usaha budidaya perikanan laut dan tambak.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Sinjai H. Haris Achmad, mengatakan bahwa sejak tahun 2019 hingga tahun 2021, total kapal atau perahu yang diserahkan ke nelayan ada 40 kapal. Ditambah untuk alokasi tahun ini ada 11 Kapal.


“Jadi kalau jumlah total hingga tahun ini ada 51 kapal ukuran dibawah 5 GT. Insya Allah 11 kapal atau perahu untuk bantuan tahun ini dalam waktu dekat akan segera diserahkan kepada nelayan kita,” kata Haris Achmad, Senin (5/12/2022).


Selain bantuan kapal, dinas terkait juga memberikan bantuan peralatan tangkap yang ramah lingkungan sebanyak ratusan unit mulai dari GPS, jaring tangkap, life jaket, cool box, fish finder (alat pelacak ikan), lampu air garam dan alat navigasi.


“Tentu ini sebagai usaha peningkatan produksi perikanan tangkap di perairan dengan tetap menggunakan alat tangkap ramah lingkungan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem ikan,” ucapnya.


Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto Asapa menegaskan bahwa program ini akan terus berlanjut mengingat potensi perikanan yang dimiliki Kabupaten Sinjai cukup besar, sehingga peluang untuk mensejahterakan masyarakat di sektor ini cukup menjanjikan.


“Insya Allah, program pemberian bantuan ini akan terus kita berikan hingga akhir jabatan kami. Komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tetap intens kita lakukan. Mohon doa dan dukungannya semoga kedepannya semakin banyak nelayan kita yang mendapatkan bantuan ini,” jelasnya.


Kata dia, bantuan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat dan Daerah kepada masyarakat sehingga Pemerintah tidak pernah berhenti berupaya membantu masyarakat khususnya pelaku usaha kelautan dan perikanan di Sinjai. [Ikhlas/Sudirman]

Komentar

Tampilkan

  • Begini Cara Pemerintah Sinjai Manfaatkan Pontesi Daerah
  • 0

Terkini

Iklan