Iklan

Iklan

Mengenal Lebih Dekat Karir dan Aktivitas Sosial Abang Fauzi

13 November 2022, 6:45 PM WIB Last Updated 2022-12-02T05:52:03Z

RAKYATSATU.COM, MAKASSAR – Muhammad Fauzi merupakan anak bungsu dari delapan bersaudara. Abang Fauzi sapaan akrabnya lahir di Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Sejak kecil, Fauzi tumbuh di tengah lingkungan masyarakat Betawi dan hidup dengan sederhana. Saat beranjak dewasa, ia bekerja di Accounting Proyek PT. Kokoh Semesta tahun 1996 – 1999, dan Direktur Utama PT. Ayashi Jafana tahun 2010 sampai sekarang.

Di tahun 2004, Abang Fauzi mulai terjun ke dunia politik dan berhasil mendapatkan satu kursi di senayan yang diusung oleh Partai Bulan Bintang (PBB). Abang tercatat sebagai anggota DPR-RI periode 2004 – 2009 dari Dapil Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Tahun 2019, ia kembali mencoba bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) membawa bendera Partai berlambang Beringin, Partai Golkat. Dengan membawa partai berlambang pohon beringin ini, Abang Fauzi berhasil merebut suara terbesar kedua dari semua caleg di Dapil Sulsel III.

Kini, Abang Fauzi berhasil kembali mendapatkan satu kursi dan duduk di DPR-RI periode 2019 – 2024 dari Dapil Sulawesi Selatan III, yang meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara dan Kota Palopo.

Untuk bisa duduk di senayan tentunya bukan hal yang mudah. Perlu banyak pengorbanan mulai dari waktu, kerja keras hingga dukungan partai politik.

Selama 1 tahun 5 bulan, Abang Fauzi ditempatkan di Komisi VIII DPR-RI. Kini ia ditugaskan di Komisi V. Terhitung 1 April 2021.

Di Komisi VIII, ia bermitra dengan Kemenag, Kemensos, BNPB dan KemenPPPA. Sedangkan, di Komisi V ini, bermitra dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Perhubungan, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Setelah ditugaskan di Komisi V, Abang Fauzi getol menyampaikan aspirasi daerah dapil dan Sulsel secara umum ke Kementerian PUPR.

Seperti yang disampaikannya pada Agustus 2022 kemarin. Pria kelahiran Jakarta, 6 September 1968 mengingatkan Kementerian PUPR mengenai bendungan Baliase di Kabupaten Luwu Utara.

“Bendungan Baliase saat ini belum maksimal di fungsikan dan butuh perhatian khusus. Lalu soal desa terpencil di Seko – Rampi yang tidak pernah tersentuh. Saya harap di tahun 2023 nanti, desa terpencil itu bisa di perhatikan,” kata Abang Fauzi saat rapat kerja dengan Menteri PUPR.

Selain itu, juga mengenai komitmen terhadap daerah bencana terutama yang ada di Kabupaten Luwu Utara. Dimana kata dia, pasca banjir, drainase kota, sedimen sungai Masamba dan Rongkong masih menjadi masalah tersendiri.

“Ini masih menjadi masalah tersendiri. Karena baru hujan sebentar, itu sudah banjir. Semoga apa yang sampaikan ini bisa ditindaklanjuti segera,” harapnya.

Begitu getolnya Abang menyerap dan menyampaikan aspirasi ini, semata-mata dilakukan hanya untuk masyarakat. Atas dasar itulah, banyak masyarakat yang mengidolakannya.

Dimata masyarakat, suami Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani merupakan sosok yang menjadi panutan. Aksi saling membantu antar sesama yang dilakoni tak perlu diragukan lagi.

“Alhamdulillah, kami tidak salah pilih Abang Fauzi menjadi anggota DPR-RI. Beliau sangat memperjuangkan daerah kami demi kemajuan pembangunan ke depan,” ucap Arafah, warga Palopo.

Sama halnya yang dikatakan Rizaldi. Ia menilai kinerja Abang Fauzi sangat baik. Bukti nyata, kata dia, sudah banyak. Mulai dari perbaikan drainase, perbaikan jembatan, bedah rumah dan lainnya sudah dirasakan masyarakat.

“Kami tidak salah memilih Abang. Teruslah berjuang demi Luwu Raya,” ujar Rizaldi, salah satu simpatisan Abang Fauzi ini dari Kabupaten Luwu.

Tak hanya itu saja, Abang Fauzi juga kerap membantu masyarakat melalui program aspirasinya yaitu pembangunan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

BSPS atau bedah rumah ini merupakan program aspirasinya. Bedah rumah ini menyasar rumah warga tidak layak huni yang berada di dapilnya.

Seperti yang ada di Desa Pao, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara. Ialah Saur, salah satu masyarakat yang beruntung mendapatkan bantuan bedah rumah dari program aspirasi Abang Fauzi.

Saur sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan kepadanya. Pasalnya, hanya Abang Fauzi, salah satu anggota DPR-RI yang peduli dengan masyarakat.

“Alhamdulillah, tidak lama lagi saya punya rumah yang layak huni. Semua ini berkat perjuangan Abang Fauzi di senayan untuk sejahterakan masyarakat,” kata Saur. [Laporan : Amin Rais]

Komentar

Tampilkan

  • Mengenal Lebih Dekat Karir dan Aktivitas Sosial Abang Fauzi
  • 0

Terkini

Iklan