Iklan

Iklan

Sultra Award Kendari Pos 2022, Penjabat Bupati Buton Tengah Dinobatkan Sebagai Tokoh Inovatif Pemerintahan

04 Oktober 2022, 10:25 PM WIB Last Updated 2022-12-02T05:52:58Z

RAKYATSATU.COM, BUTON TENGAH – Ajang pemberian penghargaan yang dikemas dalam Sultra Award Kendari Pos 2022 telah merilis sejumlah tokoh inovatif pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara (Sultra).

Salah satu yang menjadi Tokoh Inovatif Pemerintahan dalam ajang itu, ialah Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Muhammad Yusup, SE. M,Si.

Raihan itu tentu patut diapresiasi dan membanggakan, pasalnya belum lama menjabat dalam Pemerintahan, Yusup telah mendapatkan penghargaan dari Sultra Award Kendari Pos, setelah pencapaiannya memimpin Kabupaten Buton Tengah, bertempat disalah satu Hotel di Kota Kendari, Selasa (4/10/2022).

Pada pemberian penghargaan Sultra Award Kendari Pos Tahun 2022, Pj Bupati Muhammad Yusup masuk dalam kategori sebagai Tokoh Inovatif Pemerintahan bersama sejumlah kepala daerah dan pejabat ternama yang berprestasi di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tak hanya itu, Pj Bupati Muhammad Yusuf yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara disebut sebagai sosok visioner dalam kepemimpinannya yang dinilai tepat sebagai pejabat kepala daerah Buton Tengah hasil pilihan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi SH.

Fakta kepemimpinan Pj Muhammad Yusuf sejak di lantik pada Senin 23 Mei yang lalu oleh Gubernur Ali Mazi SH yang kini berjalan empat bulan lebih telah melakukan banyak terobosan cerdas dan luar biasa dalam membangun daerah dengan julukan Negeri 100 Gua.

Sejumlah fakta kepemimpinan Pj Bupati Buton Tengah, Muhamad Yusuf dalam melakukan terobosan kepemimpinannya dalam waktu singkat sebagai penilaian mendapatkan penghargaan Sultra Award Kendari Pos diantarannya :

1. Menata birokrasi pemerintahan dengan baik. Salah satunya mendorong disiplinan ASN dengan mewajibkan tinggal dalam wilayah Buton Tengah. Hal ini bertujuan mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan membangun perekonomian masyarakat.

2. Pembangunan Kantor Bupati dan DPRD di kawasan Labungkari sebagai Ibu Kota Kabupaten.

3. Mengerakkan ekonomi kerakyatan melalui optimalisasi potensi daerah dengan membangun jejaring level nasional.

4. Menjawab persoalan Stunting.

Seperti diketahui, Pj Bupati Muhammad Yusuf telah berkomitmen menjadikan Kabupaten Buton Tengah yang kini telah berusia 8 tahun dapat sejajar dengan daerah lain serta ia mengiginkan kesejehteraan masyarakat kearah yang lebih baik.

Hal itu terlihat ketika menghadirkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menghadiri Festival Semarak Kemerdekaan dan UMKM Buton Tengah pada 10 September 2022 belum lama ini.

Pasalnya, kehadiran Menteri serta didampingi Gubernur Ali Mazi dan pejabat dari berbagai daerah di manfaatkan oleh Pj Bupati Muhammad Yusuf mempromosikan berbagai produk unggulan UMKM seperti Jambu Mete di Desa Mone, Ikan Teri di Desa Terapung dan penangkaran Lobster di Desa Wakambangura, dan peninjauan kampung penenun tradisional Desa Gumanano. Selain itu ia memperkenalkan potensi pariwisatanya dengan tujuan kedepan potensi yang ada di Buteng dapat berkembang dikenal secara nasional dan dunia. Sebab dengan kehadiran Menteri ia yakini akan membangun potensi daerah kearah yang lebih maju dan berkembang menuju kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan Pemberian Penghargaan dihadiri Wakil Gubernur Sultra

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas sekaligus penerima Sultra Award Kendari Pos 2022. Kemudian tampak hadir juga, Wakil Ketua DPRD Sultra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra, Kabinda Sultra, Kepala BNN, Pj Sekda, Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Danlanal, Danlanud Halu Oleo, Ka. Kanwil Kemenkum HAM, Ka. Kanwil Kementrian agama, Bupati/Walikota se-Sultra, Para pejabat pimpinan tinggi akademisi.

Para pimpinan perbankan, Kepala LPP RRI Kendari, Kepala LPP TVRI Sultra, Direktur harian pagi kendari pos Irwan Zainuddin, Perwakilan Ombudsman, Kepala BPK, Kepala BPKP, Kepala OJK, Ketua KPU, Ketua Kadin, Kepala BPS.

Diawal sambutannya, Gubernur sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan kepada para tokoh yang karya-karyanya telah memberikan manfaat di masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.

“Pemberian penghargaan ini, tentu selain memberikan semangat bagi penerimanya, juga menjadi inspirasi bagi anggota masyarakat yang lain untuk terus memberikan manfaat kepada sesama,” ujar Gubernur.

Sudah menjadi opini umum bahwa kemajuan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari peran dari figur-figur panutan yang memiliki kepribadian empati, memiliki kecerdasan yang tinggi, melihat sesuatu dibalik fakta dan memanfaatkan kecerdasannya sehingga bisa berinovasi dan menciptakan perubahan-perubahan dalam masyarakat.

“Pers tentu sangat berperan dalam menciptakan karakter bangsa yang damai lewat pemberitaan yang bernilai edukatif, dan juga saya berharap peran tersebut dapat terus ditingkatkan, agar pers terus menampilkan berita-berita aktual, jujur dan tidak Dis-informatif,” lanjut Gubernur.

Diakhir sambutannya, Gubernur menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya secara khusus kepada kendari pos yang selama ini telah menjadi mitra strategis pemerintah daerah dengan menyajikan program-program pembangunan daerah Sultra ke publik, yang dikemas melalui tampilan berita yang menarik dan mengedukasi dan mencerahkan masyarakat.

Sementara itu, Dirut Kendari Pos menyampaikan peran media sangat penting sebagai penyambung informasi kepada masyarakat. Media hadir di Indonesia melalui media perjuangan dan juga sebagai penyambung informasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk kepentingan publik. Media juga memiliki peran yang sangat penting yang mendasari menjadi salah satu bagian dari relasi roda pemerintahan di Indonesia dan seluruh daerah.

“Kendari pos adalah milik rakayat sultra. Kami berharap dengan adanya acara ini bisa memberikan gambaran kepada kita semua, memberikan inspirasi kepada kita semua, bahwa Sultra penuh dengan tokoh-tokoh hebat, ispiratif dan birokrat inspiratif sehingga dapat membawa perubahan masa depan di sultra,” ungkap Dirut Kendari Pos.

Pada kegiatan ini juga, pemberian penghargaan bagi 37 tokoh penerima award kendari pos 2022 lintas provinsi dalam kontribusinya dalam pembangunan daerah di Sultra yang terdiri dari berbagai kategori tokoh yaitu tokoh birokrat inovatif 2022, tokoh inovatif pendidikan, tokoh akselerasi inovasi perbankan, tokoh inovatif pelayanan hukum, tokoh legislator inspiratif 2022, tokoh inovatif penyelenggara pemilu berkualitas, tokoh inovatif pemerintahan, tokoh politisi inspiratif 2022, tokoh masyarakat inspiratif 2022, tokoh inovatif, pelayanan humanis bidang pemasyarakatan, tokoh akselerasi investasi serta Gubernur Sulawesi Tenggara sebagai pemenang dalam kategori tokoh inovatif pemerintahan 2022. [Ikhlas/Alum-Adv]

Komentar

Tampilkan

  • Sultra Award Kendari Pos 2022, Penjabat Bupati Buton Tengah Dinobatkan Sebagai Tokoh Inovatif Pemerintahan
  • 0

Terkini

Iklan