-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Lestarikan Sastra Bugis, Disdik Bone Gelar Diseminasi Pra Festival

13 September 2022 | 9:45 AM WIB |

RAKYATSATU.COM, BONE – Dinas Pendidikan Kabupaten Bone menggelar Diseminasi Bahasa dan Sastra daerah Bugis tingkat SD dan SMP se Kabupaten Bone. Kegiatan tersebut dalam rangka Pra Festival tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten dan Provinsi Sulsel Tahun 2022.

Pelaksanaan Diseminasi itu dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Drs. A. Fajaruddin, MM bertempat di Gedung PGRI, Jalan Ahmad Yani, kota Watampone, Senin (12/9/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone mengatakan, kegiatan ini adalah sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

“Tujuan diseminasi ini untuk menjaga pelestarian bahasa bugis disamping itu dijadikan momen untuk mempersiapkan Festival bahasa daerah ditingkat Provinsi Sulawesi Selatan,” jelas Kadis A. Fajaruddin.

Pada kegiatan diseminasi ini guru-guru akan dilatih oleh instruktur yang telah mengikuti training of trainer di balai bahasa Provinsi Sulawesi Selatan.

“Jadi peserta diseminasi ini adalah guru-guru bahasa daerah tingkat SD dan SMP yang dipersiapkan untuk melatih anak didiknya di sekolah masing-masing,” kata Kadisdik.

Untuk diketahui Kabupaten Bone telah meraih beberapa kali juara pada tahun lalu dari empat kategori yang dilombakan tiga diantaranya diraih oleh Bone.

“Oleh karena itu diseminasi ini harus dipersiapkan dengan baik karena kita sebagai pusat peradaban bugis, jadi Bone harus dipersiapkan supaya bisa tampil yang terbaik,” harap A. Fajaruddin yang akrab disapa Puang Anca itu.

Sementara itu Panitia Santi Gazali melaporkan bahwa kegiatan gelombang pertama ini diikuti sembilan Kecamatan terdiri dari 97 orang peserta.

“Pada kegiatan ini, guru dilatih berpuisi Bugis, mendongeng dalam bahasa Bugis, Stand up Komedi tunggal dalam bahasa Bugis serta bernyanyi dalam bahasa Bugis,” tutur Santi Gazali.

Kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung mulai 12 sampai 14 September 2022.

Pembukaan diseminasi yang mengusung Tema, “Budayakan Bahasa Indonesia Lestarikan Bahasa Bugis Kuasai Bahasa Asing”, itu dihadiri H Salahuddin,S.Pd, Korwas Kabupaten Bone Sam Arif, S.Pd, M.Pd, Kabid Ketenagaan Disdik Hj. Wahida, Ketua K3S Kabupaten Bone Suardi,S.Pd beserta Sekretaris K3S Mansur, Ketua Panitia Muhammad Tahir (Ketua MGMP Bahasa Daerah), Darmawati, S.Pd (Kepala Sekolah Bugis) dan Bendahara Panitia Santi Gazali Kepala SDN 207 Apala (guru master). [Ikhlas/Sugi]

×
Berita Terbaru Update