Iklan

Iklan

Kekompakan OPD Soppeng Bakal Dinilai di Arena Paintball

16 September 2022, 1:06 PM WIB Last Updated 2022-12-02T05:53:26Z

RAKATSATU.COM, SOPPENG – Para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Soppeng bakal adu startegi dan kekompakan di arena paintball Malaka, Jumat (16/9/2022).

Seluruh OPD tingkat Kabupaten Soppeng, bakal mengikuti kompetisi itu selama dua hari Sabtu-Minggu (17-18/9/2022) besok.

Ketua panitia pelaksana, Ir Erman Asnawi mengatakan, kegiatan paintball ini untuk meningkatkan sinergitas antar OPD lingkup Pemkab Soppeng.

Kata dia, sebanyak 32 tim akan melakukan pertandingan dengan sistem gugur nantinya.

“Jadi masing-masing tim bertanding dengan 7 pemain, terdiri dari pejabat dan PNS di lingkungan kerja masing-masing dan dipimpin langsung oleh kepala dinas atau pimpinan unit kerjanya,” kata Erman yang juga Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan dan Perikanan Kabupaten Soppeng.

Paintball yang merupakan hal baru di Soppeng menurut dia, menjadi ajang menjaga kebugaran, mengasah fikiran, fokus cepat, dan tanggap.

“Yang terpeing ialah ajang silaturahmi sesama SKPD untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas, serta yang tidak kalah pentingnya adalah menjalin kekompakan dan adu strategi masing-masing tim,” terangnya.

Dikutip dari C-Rafting, Panintball pertama kali ditemukan sekitar tahun 1960-an oleh Charles Nelson dari Nelson Paint Company. Awalnya pistol yang digunakan dalam permainan itu bukan ditujukan untuk manusia. Cat air yang ditembak dari senjata itu sebenarnya dibuat untuk menandai pohon yang hendak ditebang.

Sementara bagi peternak, cat air dari senapan justru ditujukan untuk menandai ternak saat menunggang kuda. Atau dipakai pula untuk menandai barang-barang dari kejauhan. Cat yang dipakai sebagai penanda itu menggunakan fill yang berbasis minyak supaya tidak mudah luntur.

Cat dimasukkan ke dalam cangkang gelatin hingga membentuk bola. Bola-bola cat itu lantas ditembakkan dengan pistol CO2 khusus. Kejadian-kejadian inilah yang menjadikan senjata penembak cat dalam permainan ini dinamakan sebagai paintball marker.

Permainan paintball pertama dilakukan pada 27 Juni 1981 di kawasan hutan kayu di New Hampshire, London. Dalam permainan tersebut, ada 12 orang pemain yang berasal dari berbagai latar belakang berbeda. Salah seorang pemain bernama Bob Gurnsey yang pertama kali membuat aturan mainnya. [Ikhlas/Yudha]

Komentar

Tampilkan

  • Kekompakan OPD Soppeng Bakal Dinilai di Arena Paintball
  • 0

Terkini

Iklan