-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Digelar November Mendatang, Pemkab Maros Rakor Pelaksanaan Pilkades

16 September 2022 | 3:31 PM WIB |

RAKYATSATU.COM, MAROS – Sebanyak 16 Desa di Kabupaten Maros bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada 17 November 2022 mendatang.

Sekaitan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Maros melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Maros menggelar rapat koordinasi Pilkades, di Ruang Rapat Bupati Maros, Jumat (16/9/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Maros, AS Chaidir Syam dan dihadiri Kapolres Maros, Dandim Maros dan seluruh instansi terkait.

Kepala Dinas PMD Maros, Muhammad Idrus mengatakan, jelang Pilkades serentak, pihaknya akan melakukan deklarasi Pilkades Damai, dengan harapa prosesnya berjalan dengan kondusif.

“Sekarang sudah masuk pada tahap pendaftaran, Alhamdulilah masih berlangsung damai. Pendaftaran 14-22 September, verivikasi berkas 23 September hingga 15 Oktober dan di tanggal 16 penetapan calon,” ungkapnya.

Kedati jadwal deklarasi damai belum belum ditetapkan. Namun, dipastikan akan berlangsung sebelum kampanye dilakukan.

“Masi sementara pengajuan kapan waktu yang tepat. Kampanye dilakukan tertutup di tanggal 11-13 November, deklarasi damai akan dilakukan sebelum tanggal tersebut,” sebutnya.

Pihaknya berharap dapat berlangsung secara serentak. Total pemilih pada Pilkades mendatang sebanyak 26.927 yang tersebar di 68 TPS.

“Deklarasi damai sekiranya bisa berlangsung serentak. Kita tunggu keputusan Bapak Bupati, apa harus dilakukan di masing-masing kecamatan atau dipusatkan pada satu titik saja,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Maros AS Chaidir Syam menuturkan, dalam pelaksanaan pilkades harus dilakukan sesuai dengan mekanisme aturan yang berlaku. Panitia ataupun dalam hal ini pelaksana tugas diharap mampu untuk konsentif.

“Harus transparan, kesiapan setiap tahapan harus diperhatikan. Jangan jadikan pilkades sebagai ajang yang menegangkan. Sebab itu, bakal calon sudah harus diingatkan untuk siap kalah dan siap terpilih,” ungkapnya. [Ikhlas/Arul]

×
Berita Terbaru Update