Iklan

14/10/20, 20:01 WIB
DaerahWajo

Rehabilitasi Irigasi di Desa Lampulung, Pemkab Wajo Keciprat Anggaran Rp20,5 Milyar


RAKYATSATU.COM, WAJO
-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menganggarkan Rp20,5 Milyar untuk proyek rehabilitasi Irigasi Cenrana di Desa Lampulung, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa proyek rehabilitasi tersebut merupakan program IPDMIP atau Integrated Participatory Development and Management Irrigation Programe dari pemerintah pusat.

Proyek rehabilitasi ini, kata dia, selain sebagai pengendali banjir, proyek ini juga bisa menampung air untuk dialiri ke sawah-sawah petani di sekitar bendungan.

"Proyek ini sangat strategis untuk mendukung sektor pertanian. Dan juga sebagai pengendali banjir sehingga dapat mencegah kerusakan areal persawahan di sekitar irigasi,” ujar Andi Sudirman, Selasa (13/10/2020).

Andi Sudirman pun meminta penanggungjawab proyek untuk melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja agar menggerakkan ekonomi daerah.

"Saya harap Bupati Wajo, Amran Mahmud juga turut ikut memantau proyek tersebut agar berjalan sesuai rencana," imbuhnya.

Sekedar diketahui, pekerjaan ini sebelumnya ada penolakan warga. Pengerjaannya memasuki dua bulan, tapi satu bulan terkendala karena faktor alam dan faktor sosial.

Namun progresnya saat ini sudah 30 persen, hal itu berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Wajo. (Bmb)