Iklan

Iklan

Bappeda Bone Paparkan KPPN Bone Dihadapan BPIW III PUPR Pusat

26 Agustus 2020, 6:06 PM WIB Last Updated 2020-08-26T10:06:00Z

RAKYATSATU.COM, JAKSEL
- Pemerintah Kabupaten Bone yang di wakili oleh Bappeda Bone mempresentasikan Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) Bone di hadapan Pemerintah Pusat dalam Hal ini Badan Pusat Infrastruktur Wilayah PUPR Wilayah III (BPIW III), di hotel Grand Kemang Jaksel, Selasa (26/08/2020) kemarin.

Rapat FGD Penyusunan MPDP,  pra Studi Kelayakan dan pra Desain Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) Bone unggulan di Kabupaten Bone adalah sektor Pertanian dan sektor perikanan, namun demikian mengingat pembangunan yang dilaksanakan secara menyeluruh dan berbasis wilayah, dukungan berbagai sektor sangat diperlukan. 


Sebagai contoh dukungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait infrastruktur dasar (Pengelolaan SDA, Bina Marga, Ciptakarya dan Perumahan Pemukiman), dan tentunya dukungan dari Kementerian perikanan sebagai core pembangunan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional Kabupaten Bone. 


Rapat FGD Penyusunan MPDP, pra Studi Kelayakan dan pra Desain Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) Bone secara resmi dibuka langsung Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR wilayah III, dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian Lembaga antara lain Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi.


Kepala Bappeda Kabupaten Bone DR Ade Fariq Ashar, S.Stp.M.Si sebagai narasumber dalam arahannya menyampaikan agar pertemuan ini, menghasilkan dokumen yang jelas, fokus dan terarah, untuk kemudian segera ditindaklanjuti oleh berbagai pihak terkait. 


Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Kawasan Pedesaaan Prioritas Nasional (KPPN) Bone sejalan dengan Visi misi Bupati Bone yaitu Mengoptimalkan Akselerasi Pembangunan daerah Berbasis Desa dan Kawasan Pedesaaan yang di jabarkan dalam RPJMD 2018 -2023 serta Percepatan pembangunan daerah Bertumpu Pada Desa dan Kawasan Pedesaan. 


Lanjutnya bahwa dalam SK Buapti No 528 tahun 2015 tentang pengembangan kawasan Mallusetasi dan Peraturan Bupati Bone No 89 Tahun 2017 tentang pembangunan kawasan perdesaaan Kabupaten Bone terdapat di dua kecamatan yakni Kecamatan Cenrana dan Tellusiattinge dan 5 desa yaitu Desa Laoni, Latonro, Panyiwi, Lamuru dan Mattoangin. 


Namun dalam paparannya Kepala Bappeda Kabupaten Bone perlu mengatakan bahwa adanya penyepakatan delineasi baru dengan menambah 3 desa (Pallime, Nagauleng dan Kelurahan Cenrana) sebagai bagian dari Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional dengan pertimbangan bahwa 3 desa ini adalah desa penopang perekonomian yang ada di Kecamatan Cenrana dan Kecamatan Tellusiattinge. 


Lanjut Kepala Bapedda Bone bahwa kawasan pedesaan prioritas nasional (KPPN) Bone diharapkan sebagai pilot project bagi pengembangan Pembangunan kawasan pedesaaan. (Rasul)

Komentar

Tampilkan

  • Bappeda Bone Paparkan KPPN Bone Dihadapan BPIW III PUPR Pusat
  • 0

Terkini

Iklan