Iklan

Iklan

Lawan COVID-19, Lansia di Bone Dapat Bantuan dari Balai Lansia Gau Mabaji Gowa

23 April 2020, 7:23 PM WIB Last Updated 2020-04-23T11:23:15Z

RAKYATSATU.COM, BONE
- Penurunan kondisi fisik akibat penuaan, sistem imun yang tidak dapat bekerja optimal, dan adanya penyakit penyerta menyebabkan lanjut usia (lansia) masuk dalam kelompok yang rentan terpapar COVID-19.

Berdasarkan hal tersebut, Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) "Gau Mabaji" di Gowa menggelar aksi sosial melindungi lansia dari COVID-19 dengan menyuarakan aksi-aksi pencegahan penyebaran COVID19 dengan membagikan paket tali asih, berupa gula, teh, kue kering/biskuit, mie instan, handuk dan masker gratis bagi lansia di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Makita Walie.

Seperti pada hari ini Kamis (23/04), Kepala Balai Lansia Gau Mabaji, Syam Wuryani turut serta dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Bone didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi, Pemerintah desa setempat, serta pengurus LKS Makita Walie dalam pelaksanaan aksi sosial kali ini.

"Sebagai upaya melindungi lansia dalam situasi pandemi virus ini, Balai Lansia Gau Mabaji melakukan aksi-aksi sosial untuk menyuarakan upaya pencegahan dan pentingnya melindungi lansia dari COVID-19“ ucap Syam Wuryani.

Meskipun ditengah hujan, Yani, demikian ia biasa disapa, menyerahkan masker dan melakukan pembagian paket tali asih bersama tim dari Balai Lansia Gau Mabaji didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone, Pemerintah desa setempat, serta pengurus LKS Makita Walie dalam pelaksanaan aksi sosial kali ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi menyampaikan apresiasinya atas perhatian yang diberikan oleh Balai Lansia Gau Mabaji terhadap lansia di Kabupaten Bone.

Mekanisme pelaksanaan aksi sosial dilakukan dengan cara door to door untuk melakukan home visite ke tempat tinggal lansia. Dengan cara ini kegiatan kunjungan kepada lansia tetap dapat di laksanakan dan sesuai protokol pencegahan penyebaran COVID-19.

Selain itu, kegiatan aksi sosial ini mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Pandang Loang Kabupaten Bone. Kepala Desa Pandang Loang, Muh Amin turut serta membagikan masker dan memberikan himbauan kepada lansia dan masyarakat untuk ikut memerangi COVID-19 ini dengan melaksanakan protokol pencegahannya.

Salah satu lansia penerima bantuan, Sitti (71) yang sehari-harinya tinggal hanya berdua dengan cucunya mengaku sangat senang menerima paket tali asih ini. Ia mengatakan dengan adanya aksi sosial ini sangat membantu dan membuatnya mengerti bagaimana cara mensikapi kondisi darurat COVID-19 seperti saat ini.

"Sekarang saya mengerti dan semakin memahami pentingnya menjaga kesehatan serta menjaga pola hidup sehat dengan cara mencuci tangan yang benar dan mengatur pola hidup sehat dalam menghadapi kondisi darurat COVID-19 seperti saat ini," kata Sitti.

Dalam beberapa kesempatan, Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Balai Lansia Gau Mabaji, Andi Hanindito menyampaikan bahwa lansia menjadi kelompok yang harus mendapatkan perhatian penuh dalam masa darurat COVID-19 ini.

"Lansia menjadi kelompok yang rentan terpapar Virus Corona, sehingga kita perlu bersinergi dan bahu membahu dalam memberikan perhatian dan perlindungan kepada lansia di masa pandemi COVID ini", ujar Andi Hanindito.


Selain memberikan sumbangan, Balai Lansia Gau Mabaji juga mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat, khususnya lansia yang ada di Desa Padang Loang Kecamatan Cina Kabupaten Bone, terkait virus corona dan dengan cara mencuci tangan yang baik. (Rasul)
Komentar

Tampilkan

  • Lawan COVID-19, Lansia di Bone Dapat Bantuan dari Balai Lansia Gau Mabaji Gowa
  • 0

Terkini

Iklan