ads

05 November, 2019

Danrem 141/Tp Bersama Stafnya Ikuti Latihan Kesiapsiagaan Operasional di Kodam XIV/Hsn

Danrem 141/Tp Bersama Stafnya Ikuti Latihan Kesiapsiagaan Operasional di Kodam XIV/Hsn
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Guna membantu Pemerintah Daerah (Pemda) mengatasi konflik sosial di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara, Kodam XIV/Hsn melaksanakan Kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Penanganan Sosial TA 2019, di Gedung Bph Kodam XIV/Hsn, Jl Urip Sumoharjo Km-7, selama lima hari tanggal 4 hingga 8 November 2019 yang dibuka Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi S.IP.,M.Si.

Kegiatan yang bertema "Kodam XIV/Hsn membantu Pemda mengatasi konflik sosial di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara dalam rangka mendukung tugas pokok TNI", diikuti pula Danrem 141/Tp, Kolonel Inf Suwarno bersama para staf Korem 141/Tp.

Pangdam XIV Hasanuddin yang membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Wadan Kodiklat TNI Marsma TNI R. Ismet Ismaya Saleh selaku Direktur Latihan (Dirlat) dalam latihan ini beserta rombongan di Kodam XIV/Hasanuddin.

Menurut Mayjen Surawahadi bahwa Latihan Kesiapsiagaan Operasional ini sangat penting karena Kodam XIV Hasanuddin sebagai Kotama Ops di wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara.

"Kodam XIV Hasanuddin harus memiliki kesiapsiagaan yang tinggi dalam mengatasi konfilk sosial sesuai peran dan tugas yang telah disiapkan yang mampu mengantisipasi segala bentuk kontijensi di wilayah khususnya dalam menangani konflik sosial di lapangan," ujar Pandam XIV Hasanuddin.

"Saya harap para peserta latihan untuk mengikuti semua materi dengan sungguh-sungguh sesuai dengan peran dan tugas masing-masing, patuhi semua aturan yang berlaku dalam latihan ini," tegasnya.

Sementara itu Dankodiklat TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.IP dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Kodiklat TNI mengatakan bahwa Kodam XIV Hasanuddin memiliki posisi yang sangat strategis dalam menjaga stabilitas wilayahnya yang meliputi Sulselbatra.

"Kondisi perkembangan ancaman semakin komplek dan perkembangan lingkungan strategis (banglingstra) yang sangat dinamis saat ini, akan banyak potensi ancaman maupun gangguan yang mungkin saja dapat terjadi setiap saat sehingga memerlukan tindakan antisipatif guna mencegah dan mengatasi setiap gangguan," ungkapnya.

Dengan demikian Dankodiklat TNI menuturkan bahwa LKO ini menjadi penting untuk menguji kesiapsiagaan operasional Kodam XIV/Hasanuddin dalam melaksanakan tugas mengatasi konflik sosial.

"Bukan hanya TNI saja yang dapat mengambil manfaat latihan ini, akan tetapi dapat dirasakan oleh pemerintah daerah, Polri dan seluruh komponen masyarakat terkait penanganan konflik sosial yang tidak mudah dan begitu rumit," tambahnya.

Usai pembukaan, kegiatan dihari pertama ini dilaksanakan pencerahan tentang Penanganan Konflik Sosial oleh Kolonel Inf Rudi Hermawan selaku Ketua Staf Perancang Latihan (SPL) dan Sosialisasi Undang-undang dan Peraturan tentang PKS oleh Kolonel Chk Aloysius Agung Widi W Kabid Dukkum Babinkum TNI.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kasdam XIV/Hsn Brigjen TNI Budi Sulistijono, Irdam Kolonel Inf Bahram, Danrem 141/Tp Kolonel Inf Suwarno S.A.P, Danrindam, Tim SPL dari Kodiklat TNI, para Asisten, Pa Ahli, Perwira LO, para Kabalakdam, para Komandan satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin, Dan Kabalak Rem 141/Tp, Kapolres Takalar, perwakilan Pemda Kabupaten Takalar, Kajari Takalar dan Kasatpol PP Kabupaten Takalar.  (Rasul)
Don't Miss

News Feed