Iklan

Iklan

Ingin Tinggalkan Hand Traktor, Mentan: Saatnya Peralatan Pertanian Secara Otomatis

26/10/19, 19:28 WIB Last Updated 2019-10-26T11:28:09Z
RAKYATSATU.COM, MAKASSAR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berkomitmen untuk memperkuat pertanian Indonesia dan meningkatkan daya saingnya, terutama dalam berkompetisi dengan negara-negara lain.


"Kita tidak mau kalah dengan negara lain di Asia. Ini adalah tanggung jawab kita bersama. Besok akan lebih baik kalau kita makin kuat bekerja hari ini," ujar Syahrul saat memberikan kuliah umum di Gedung Balai Sidang Universitas Muhammadiyah Makassar, Sabtu (26/10/2019).

Syahrul menyebutkan pertanian Indonesia sudah saatnya meninggalkan praktik tradisional. Saat ini para petani seharusnya sudah mulai menggunakan peralatan modern sehingga bertani menjadi lebih efektif dan efisien.


"Dulu saat saya menjadi camat, saya mendorong para petani menggunakan traktor. Naik menjadi bupati, para petani menggunakan hand tractor. Sekarang menjadi menteri, semua itu sudah saatnya ditinggalkan. Sudah ada yang namanya Internet of Things. Peralatan pertanian sudah bisa beroperasi secara otomatis,” jelasnya.


Tapi untuk menyukseskan pembangunan pertanian, dia menyebutkan peralatan modern saja tak cukup. Para pelaku pertanian pun disebutnya harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik.

“Startup jadi bagian penting di masa depan. Kalau kau tidak mampu dalam kehidupan digital, maka tunggu saja kematianmu,” beber Syahrul.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ingin Tinggalkan Hand Traktor, Mentan: Saatnya Peralatan Pertanian Secara Otomatis

Terkini

Iklan