ads

12 September, 2019

Tutup Usia, Berikut Beberapa Fakta Kepergian BJ Habibie

Tutup Usia, Berikut Beberapa Fakta Kepergian BJ Habibie
banner 336x280
banner 336x280
RAKYATSATU.COM - Innalilahi Wa Innailaihi Raji'un, Presiden ke 3 Indonesia, Bachruddin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/09/2019) malam.

BJ Habibie sudah dirawat secara intensif sejak 1 September 2019 lalu. Hingga akhirnya Almarhum BJ Habibie meninggal dunia diusia 83 tahun.

Berikut sejumlah fakta meninggalnya Bapak Bangsa, Habibie :

1. Informasi meninggalnya BJ Habibie dikabarkan oleh anaknya, Thareq Kemal Habibie 

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, meninggal dunia jam 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

2. Selain usianya, BJ Habibie meninggal setelah mendapatkan perawatan jantung selama seminggu di RSPAD.

Belakangan ini, kondisi Habibie sempat menurun hingga akhirnya jantung beliau tidak beraktivitas lagi.

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

"Jantungnya sudah berhenti beraktivitas, seperti yang saya bilang. Karena umur dan aktivitas yang banyak," ucap Thareq.

3. Kabar Meninggal BJ Habibie Sempat diterpa Hoax

Sehari sebelum meninggal, Selasa (10/09/2019), sejumlah sosmed dipenuhi kabar bahwa BJ Habibie meninggal.

Saat itu pihak keluarga membantah kabar tersebut. Namun kondisi Habibie saat itu berangsur membaik.

4. Jenazah Habibie Dibawa Kerumah Duka

Almarhum Habibie dibawa dari rumah duka RSPAD Gatot Soebroto menuju kediaman pribadi di Jalan Patra Kuningan, Jakarta, pukul 20.09 WIB.

Keluarga turut mendampingi mendiang BJ Habibie. Jenazah Habibie dibawa menggunakan mobil milik RSPAD Gatot Soebrot, dengan diiringi oleh iring-iringan kendaraan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

5. Sejak dikabarkan meninggal, Istana Ajak Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Pihak Sekretariat Negara sudah mengirim surat yang ditujukan kepada kementerian lembaga hingga kepala daerah untuk mengirimkan bendera setengah tiang selama tiga hari, sebagai penghormatan mendiang BJ Habibie.

"Kami ajak masyarakat untuk kibarkan bendera setengah tiang sampai 14 September 2019. Jadi kita tetapkan berkabung nasional selama 3 hari sampai 14 September," kata Pratikno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/09/2019).

6. Warga dan sejumlah pejabat sudah Melayat sejak Kamis Pagi di Rumah Duka

Setelah mendapatkan kabar duka, warga Warga mulai berdatangan untuk melayat ke rumah duka Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII, Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, sejak Kamis (12/9/2019) pagi.

7. Sebelum meninggal, Habibie Sudah siapkan Makam bersebelahan dengan Makam Ainun

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan BJ Habibie meninggal dunia Rabu (11/9/2019) di RSPAD, Jakarta. Rencananya, BJ Habibie akan di makamkan di slot 120 TMP Kalibata.

Makam itu bersebelahan dengan sang istri, Ainun. Dalam sebuah wawancara yang dipandu Najwa Shihab beberapa tahun silam, BJ Habibie mengaku sudah mempersiapkan kavling di TMP Kalibata jika dirinya sudah meninggal.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan almarhum BJ Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie.

"Kami sudah koordinasi dengan karnisun sudah disiapkan slot di sebelah almahrumah Ibu Aninun," kata Pratikno seperti dikutip dari Antara.

Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan di slot 120. "Semua sudah siap," kata Pratiko.

(Red)



Don't Miss

News Feed