-->

Iklan

Iklan

Camat Tanete Riattang Lakukan Peletakan Batu Pertama Pekerjaan Drainase Program Kotaku

02/09/19, 13:56 WIB Last Updated 2019-09-02T05:56:40Z
RAKYATSATU.COM, BONE - Dari delapan kelurahan di Kecamatan Tanete Riattang, lima diantaranya mendapatkan bantuan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian PU bekerjasama Pemkab Bone.

Kelima kelurahan yang mendapat bantuan program Kotaku yakni Kelurahan Biru, Manurunge, Walanae, Bukaka dan Kelurahan Masumpu.

Khusus di Kelurahan Biru, program Kotaku berupa pekerjaan drainase/saluran air di lingkungan perumahan warga. Pekerjaan drainase ini serentak dilaksanakan oleh empat Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang terdiri dari 3 KSM di Lingkungan Baru dan Satu (1) KSM di Lingkungan Soddange, Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.

Pada pengerjaan drainase Program Kotaku tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Camat Tanete Riattang, Andi Saharuddin, didampingi Lurah Biru, Andi Muh Hasbi dan para Ketua KSM (4 KSM-red) yang tergabung dalam Dewan Amanah (DAM) Mattulu Parajo Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kelurahan Biru, di Lingkungan Baru, Senin (03/09/2019).

"Program Kotaku ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena program ini bersentuhan langsung masyarakat, seperti pengerjaan drainase. Kita berharap, masyarakat memelihara drainase ini dan tidak membuang sampah disembarang tempat, apalagi yang dapat menghambat jalannya air," harap Andi Saharuddin.

Sementara itu, Asisten Kotaku, Herman Wafir, yang ditemui Rakyatsatu.com dan Radarsulsel.id, di lokasi pekerjaan drainase Lingkungan Baru Kelurahan Biru, mengatakan, pekerjaan Program Kotaku dilakukan warga setempat setelah mereka dinyatakan lolos lewat proses dan seleksi yang sangat selektif. 

"Pekerja atau tukang yang melaksanakan Program Kotaku terdiri dari tukang yang sudah diseleksi dan ditraining melaui On The Job Training (OJT)," ujar Herman.

Ia menjelaskan, OJT adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung atau On the Job Training adalah suatu proses yang terorganisasi untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, kebiasaan kerja dan sikap pekerja. 

Dengan kata lain On the Job Training adalah pelatihan dengan cara pekerja atau calon pekerja ditempatkan dalam kondisi pekerjaan yang sebenarnya, dibawah bimbingan dan pengawasan dari pegawai yang telah berpengalaman atau seorang supervisor.  (Rasul)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Camat Tanete Riattang Lakukan Peletakan Batu Pertama Pekerjaan Drainase Program Kotaku

Terkini

Iklan