Iklan

Iklan

Pemkab Sinjai Gelar Diklat Keselamatan Berlayar

26 Agustus 2019, 3:21 PM WIB Last Updated 2019-08-26T07:21:02Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Perhubungan menggelar Diklat Dasar-Dasar Keselamatan Kapal Tradisional (BST KLM) dan Kecakapan Kapal Tradisional (SKK 60 MIL) yang berlangsung di Wisma Hawai. Senin (26/08/2019).

Kepala Sub. Bagian Keuangan Perhubungan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Paris Juvenalis Marino Senda, MT., M. Mar. E mengucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sinjai karena sudah ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan Diklat ini.

"Diklat ini dilakukan selain untuk keselamatan juga mengikuti standar nasional tentang standar kelayakan kapal beserta awak kapalnya, yaitu adanya SKK 60 Mil.

"Dengan demikian masyarakat nelayan memahami dengan baik tentang tata cara operasional maupun alat-alat dan keselamatan ketika mereka melakukan aktivitas laut.

“Dengan mengikuti diklat ini para peserta juga mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini sangat penting sekali karena selain menerima pengetahuan tentang keselamatan jiwa di laut, sertifikat juga sebagai bukti bahwa pelaut ini betul-betul layak melakukan operasional,” jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan A Irwan Syahrani Yusuf menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk realisasi dari usulan kita terhadap peningkatan keselamatan pelayaran di Kabupaten Sinjai dimana kita ketahui bahwa ada 3 Kecamatan yang berada di daerah pesisir pantai, sehingga banyak masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, maka dari itu kita melakukan diklat seperti ini untuk memberi bekal kepada para nelayan kita terkhusus untuk keselamatan mereka pada saat berlayar.

"Ini adalah diklat ketiga dan merupakan diklat terakhir pada tahun ini. Ada 194 orang yang mengikuti diklat dan tidak sembarang orang yang ikut karena ada persyaratan kesehatan dan administrasi yang harus di lengkapi," pungkas Irwan. (Asw/Hums)

Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Sinjai Gelar Diklat Keselamatan Berlayar
  • 0

Terkini

Iklan