Wartawan di Bone Ikuti UKW Gratis, PWI Apresiasi Kapolres Bone

Wartawan di Bone Ikuti UKW Gratis, PWI Apresiasi Kapolres Bone

RAKYATSATU.COM, BONE - Sebanyak 20 orang dari 21 orang wartawan di Kabupaten Bone yang dinyatakan lolos verifikasi berkas, mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Persatua Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bone bekerjasama Polres Bone, di hotel Novena, Jl Ahmad Yani Watampone.

UKW dengan tema "Dengan UKW, kita Tingkatkan Profesionalitas Wartawan" dibuka oleh Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, akan dilaksanakan selama dua hari, Kamis hingga Jumat (06-07/12).

Ketua PWI Kabupaten Bone, Baktiar Sairing, mengatakan bahwa PWI Kabupaten Bone sangat mengapresiasi Kapolres Bone, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim atas kerjasamanya sehingga sejumlah wartawan di Kabupaten Bone dapat mengikuti UKW guna meningkatkan dan mengembangkan kapasitas dalam mengembang tugas kewartawanan dengan gratis.

"Mewakili PWI Kabupaten Bone, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kapolres Bone atas kerjasamanya sehingga teman-teman wartawan di Kabupaten Bone dapat UKW dengan gratis. Luar biasa atensi Kapolres Bone terhadap wartawan di Kabupaten Bone," ujarnya.

Bahkan menurutnya, ini yang pertama kalinya ada wartawan yang mengikuti UKW dengan gratis. Semua biaya UKW ditanggung Kapolres Bone.

Hal senada diungkapkan, Ketua PWI Provinsi Sulsel yang diwakili H Ismail Asnawi, Wakil Ketua Bidang Pendidikan mewakili PWI Prov Sulsel. Bahkan ia berharap agar apa yang dilakukan Kapolres Bone dapat menjadi contoh kabupaten/kota lainnya di Sulsel.

"PWI Prov Sulsel Apresiasi Kapolres Bone dan semoga ini dapat menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya," harapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, materi UKW untuk tingkatan Muda diantaranya bagaimana kepekaan membangun jejaring, sejauh mana mana ilmu pengetahuan itu terkait jurnalis dan bagaimana pemanfaatan teknologi terkini sebagai reporter.

Sementara itu, Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, dalam sambutannya saat membuka UKW tersebut mengatakan kalau wartawan/jurnalis di Kabupaten Bone adalah semuanya pintar maka sangat disayangkan kalau belum berkompeten. Itulah salah satu alasannya sehingga bekerjasama dengan PWI melaksanakan UKW bagi wartawan/jurnalis di Kabupaten Bone.

Selain itu, ia mengatakan bahwa wartawan dan media banyak membantunya dalam melaksanakan tugasnya di Kabupaten Bone. Berkat pemberitaan yang selalu kondusif maka itu banyak membantu membuat suasana terus kondusif di Kabupaten Bone.

Ia menjelaskan, saat Pilkada serentak lalu, Kabupaten Bone mendapat predikat Zona Merah, tetapi berkat bantuan dan pemberian wartawan lewat media maka Kabupaten Bone dapat berubah menjadi Zona Hijau dan Pilkada serentak 2018 berakhir nyaman, aman, sejuk dan damai.

"Media banyak membantu tugas saya, wartawan banyak membantu mensuasanakan kondusif. UKW ini merupakan hadiah spesial dan ini murni serta tulus dari saya," ujarnya.

Apalagi pada saat ini, Polri sedang menuju ke kinerja yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Prometer). Program tersebut dapat terwujud atau tercapai apabila ditunjang oleh semua pihak, khususnya media.

Pelayanan kepolisian harus profesional dengan memperbaiki pelayanan publik. Professional dalam menegakkan hukum dan wartawan sangat membantu terutama dalam pemberitaan personel yang bertugas tidak sesuai aturan. Perbaikan kultur, menghilangkan korupsi dan menghilangkan tindakan arogansi kepolisian.

"Salah satu sasaran prometer adalah Manajemen Media. Polri hari ini citranya bagus karena pengaruh media. Media itu merupakan salah satu pilar keutuhan NKRI maka kompetensinya harus sejajar dengan tiga pilar lainnya. Wartawan adalah profesi maka jangan main-main dalam melakoni profesinya, sehingga itulah sebagian sebab mengapa wartawan harus diUKWkan," jelasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Sekretaris PWI Provinsi Sulsel, Wakil Ketua PWI Provinsi Sulsel Bidang Organisasi Mappiar, Kepala Sekolah Kewartawanan Provinsi Sulsel Usman Nu'man dan tiga orang penguji dari Dewan Pers yakni Faisal, Faturrahman dan Suwandi.

Pada saat pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) dihadiri segenap jajaran Humas se Polres Bone dan puluhan wartawan yang bertugas di Kabupaten Bone. (Rasul)

loading...
close
Rakyatsatu