Masuki Bulan Desember, BMKG Ingatkan Akan Tingginya Curah Hujan, Terutama di Sangalla

Masuki Bulan Desember, BMKG Ingatkan Akan Tingginya Curah Hujan, Terutama di Sangalla


RAKYATSATU.COM, TORAJA - Memasuki bulan Desember, BMKG Tana Toraja mengingatkan akan tingginya curah hujan, Sabtu (01/12).

Kepala BMKG Tana Toraja, Agung Sudiono Abadi mengatakan bahwa hasil prakiraan curah hujan (CH), Tana Toraja tinggi dampai dengansangat tinggi.

Curah hujan di atas normal yang akan melanda wilayah Tana Toraja, di angka 301-400. Bahkan curah hujan yang sangat tinggi, yakni di angka 401-500, akan melanda Kecamatan Sangalla, Sangalla Utara, Sangalla Selatan, sebagian Kecamatan Makale, Makale Utara, Kurra dan Masanda. 

Untuk itu, Kepala BMKG, Agung, menghimbau masyarakat agar tetap waspada, terutama di wilayah yang curah hujannya sangat tinggi. 

Agung menyebut siaga bencana selalu ada terhadap potensi hujan yang mulai lebat disertai angin dan petir pada siang menjelang sore hari.

"Siaga bencana selalu ada terhadap potensi hujan yang mulai lebat disertai angin dan petir pada siang menjelang sore hari," sebut Agung. 

Masyarakat diharapkan untuk selalu waspada tanah longsor, pohon tumbang, angin puting beliung dan banjir.

Banyaknya pohon yang tumbang akibat hujan lebat yang disertai angin kencang beberapa hari lalu, menjadikan pelajaran agar tidak berlindung dibawah pohon.

"Hindari berlindung dibawah pohon-pohon apabila huja lebat dan angin kencang melanda,"kunci Agung. (Kris)
loading...
close
Rakyatsatu