Selama Tiga Hari Operasi Zebra di Bone, Segini yang Kena Tilang

Selama Tiga Hari Operasi Zebra di Bone, Segini yang Kena Tilang
RAKYATSATU.COM, BONE - Sejak Operasi Zebra 2018 dimulai pada hari Selasa 30 Oktober, sudah ratusan pengendara yang kena tilang sampai pada hari ketiga, Kamis (01/11).

Kasat Lantas Polres Bone, AKP Muh Yusuf, mengatakan sudah 234 pengguna kendaraan yang melanggar dan kena tilang, sejak pelaksanaan Operasi Zebra 2018.

"Hari pertama 52 pelanggar yang kena tilang, hari kedua 60 dan hari ketiga 122 yang kena tilang, totalnya 234 tilang," ujar AKP Muh Yusuf, Kamis (01/11) malam.

Ia menyebutkan, dari 234 tilang tersebut terdiri dari atau melibatkan pengendara/pengguna sepeda motor 192 pelanggar yang kena tilang, mobil penumpang sebanyak 24 dan mobil barang sebanyak 18.

Ia menambahkan, ada tujuh (7) skala prioritas pada Operasi Zebra 2018 ini, yakni :
1. Pengemudi menggunakan hp
2. Pengemudi melawan arus
3. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu
4. Pengemudi dibawah umur
5. Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI
6. Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk
7. Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan

Selain itu, bagi pengendara yang tidak dapat memperlihatkan STNK yang sah maka tentu akan ditindak pula, sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan.

"Agar tidak terjaring, Operasi Zebra 2018, ini sejumlah tips agar bisa aman, diantaranya lengkapi surat SIM dan STNK, lerhatikan kelengkapan keamanan (kaca spion, lampu, rem, klakson, speedometer, knalpot, ban cadangan mobil, dongkrak mobil, kotak P3K dan lainnya), pakai helm SNI untuk roda dua, hindari menelpon saat bawa kendaraan dan sabuk pengaman," pungkasnya.  (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu