Desa Seberang Berhasil Juara I Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel

Desa Seberang Berhasil Juara I Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel

RAKYATSATU.COM, BONE - Desa Seberang, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone berhasil juara I Administrasi PKK pada lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Sulsel.

Keberhasilan Desa Seberang meraih prestasi tersebut tidak terlepas dari sentuhan tangan Ketua Tim Penggerak PKK, Kabupaten Bone, Hj Andi Rahmi Adi Karini Bakti Haruni dan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bone, Hj Andi Nurmalia.

"Alhamdulillah, Desa Seberang berhasil juara I pada lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Sulsel. Keberhasilan ini karena partisipasi masyarakat, khususnya masyarakat dan pemerintah Desa Seberang," ujar Hj Andi Rahmi Adi Karini Bakti Haruni, Selasa (04/09).

Hj Andi Rahmi (panggilan akrabnya) yang merupakan istri Penjabat (Pj) Bupati Bone, H Andi Bakti Haruni menjelaskan bahwa, untuk meraih prestasi, apalagi sebagai juara I tidak semudah membalik tangan, ada beberapa kriteria yang dinilai.

Namun pada intinya, bagaimana membangun dan mengembangkan potensi dengan melibatkan semua unsur dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membangun desanya.

"Kita berharap dengan lomba desa/kelurahan tersebut dapat terwujud masyarakat yang sejahtera dan mandiri melalui pemberdayaan yang sinergis dan terpadu," tutur Hj Andi Rahmi.

Apabila hal itu dapat terwujud maka tinggal memantapkan keterpaduan program masyarakat desa dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian maupun tindak lanjut pembangunan desa. Meningkatkan dan memantapkan peran aparat dan lembaga kemasyarakatan desa.

Sehingga dapat terwujud dan meningkatnya Prakarsa dan Swadaya gotong-royong yang partisipatif, mengembangkan potensi, sarana dan prasarana desa melalui penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dinamis menumbuhkan ekonomi masyarakat melalui Ekonomi Kerakyatan
Iklan (EKI).

Ia menambahkan, tujuan dari lomba desa pada intinya adalah untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan Masyarakat Desa dan Kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri.

"Selain itu, untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat di desa selama kurun waktu satu tahun dalam wujud peningkatan kualitas hidup ekonomi, politik, sosial dan budaya serta keamanan dan ketertiban," pungkas Hj Andi Rahmi.  (Rasul)

loading...
close
Rakyatsatu