ORARI Daerah Sulsel Berhasil Rangking 3 Pada Giat Peringatan HUT ORARI

ORARI Daerah Sulsel Berhasil Rangking 3 Pada Giat Peringatan HUT ORARI
RAKYATSATU.COM, BONE - Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Sulawesi Selatan berhasil meraih rangking tiga (3) pada kegiatan (giat) peringatan HUT ORARI.

Informasi yang berhasil dihimpun Rakyatsatu.com, ORARI mengadakan kegiatan special call yang berskala Internasional dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Sebulan sebelum ulang tahunnya yang jatuhnya pada tanggal 9 Juli nantinya.

Pada kegiatan tersebut ebanyak 32 stasiun ORARI Daerah seluruh Indonesia ditambah stasiun ORARI Pusat berpartisipasi melakukan panggilan komunikasi ke amatir, baik dari dalam negeri maupun luar negeri dengan memberitahukan melalui udara mengenai ulang tahunnya dan sebagai duta amatir Indonesia yang mengusung tagline From Indonesia to the World.

Kegiatan tersebut berupa Special Event Station (SES) yang memancar selama sebulan penuh mulai tanggal 1 hingga 30 Juni 2018.

ORARI Daerah Sulawesi Selatan yang juga mengikuti ajang tersebut dengan tanda panggil YB50SN merupakan salah satu SES yang memancar melalui gelombang radio pada moda komunikasi bicara, komunikasi data, dan komunikasi morse. 

Ketua Bidang Operasi dan Teknik ORARI Daerah Sulawesi Selatan Ir. H. Arfan Tualle MBA (YB8DKL) menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada para operator yang bekerja ikhlas selama 30 hari memancarkan YB50SN sehingga ORARI Daerah Sulel bisa meraih prestasi rangking 3.

Selanjutnya, ia mengharapkan agar amatir dalam wilayah Sulawesi Selatan bisa lebih banyak berpartisipasi aktif pada kegiatan resmi amatir lainnya.

"Memang untuk kegiatan serupa perlu diadakan pelatihan dan sosialisasi operator untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman teknis dalam melakukan panggilan special call. Selain itu, perlu ada perubahan mindset amatir yang selama ini bekerja pada 2 meter band untuk menggunakan 40 meter band serta band dan moda lainnya di radio High Frequency," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator kegiatan YB50SN ORARI Daerah Sulawesi Selatan, Andi M. Yauri, (YC8AO) mengungkapkan bahwa operator sebagai ujung tombak kegiatan ini telah berhasil melakukan komunikasi atau QSO valid untuk semua moda komunikasi amatir yang berjumlah 5661 QSO ke amatir dalam dan luar negeri sehingga mengantarkan SES ORARI Daerah Sulawesi Selatan berada pada rangking 3 pada perolehan jumlah komunikasi untuk semua SES yang memancar. 

"Semua operator menggunakan log elektronik di komputer dalam menyimpan log saat melakukan panggilan. Sehingga penanganannya lebih cepat dan efisien. Ini merupakan langkah maju bagi operator Orari Daerah Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Adapun Operator aktif yang berperan pada kegiatan ini sehingga ORARI Daerah Sulsel berhasil rangking 3 berasal dari ORARI Lokal yang ada di Sulawesi Selatan.

Berikut nama-nama operator tersebut yakni; Lapado (YB8EDO) Orlok  Luwu Utara, H. Fadly Husain (YB8FL) Orlok Toraja Utara, Nur Amran (YB8EL) Orlok Sidrap (DPP Orari Daerah Sulsel), Mahyudin (YD8CPZ) Orlok Sidrap, H Hajar SAS (YB8HZ) Orlok Makassar Timur, Jafar M. Kilat (YB8CMT) Orlok Jeneponto, Andi Chaeril Makmur (YB8ACM) Orlok Bulukumba, Andi Eka Putera Rindam (YB8EKA) Orlok Selayar, Virdaus (YB8CS) Orlok Sinjai, dan Andi M. Yauri (YC8AO) Orari Daerah Sulsel. (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu