Angkat Kejayaan Sutra, Pemkab Soppeng Gelar FGD

Angkat Kejayaan Sutra, Pemkab Soppeng Gelar FGD
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD)/ Sarasehan tentang Pengembangan Agribisnis Sutera Alam Wilayah Sulawesi Selatan, di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Minggu (22/04).

Deputi Bidang Pangan dan Holtikultura Menko Perekonomian Republik Indonesia, Ir Musdalifah Machmud, mengatakan bahwa sekarang ini kita akan mengembangkan sutera bukan hanya kualitas lokal tapi akan ditingkatkan kualitasnya menjadi sutera yang laku di internasional.

"Selain itu, kita akan meningkatkan kualitas masyarakat tidak hanya dari pertanian tapi dari bidang lain seperti sutera dan sisa hasil olahan sutera yang bisa menjadi produk lainnya," ungkap Musdalifah.

Musdalifah menambahkan bahwa Kita akan jadikan budaya sutera ini menjadi bisnis/perekonomian untuk mensejahterakan masyarakatnya.
"Mari kita sama sama kembangkan ulat sutera dari  sekarang sampai anak cucu kita ini" ajaknya

"Kita mengundang pakar dan ahli ke Soppeng karena ingin memperlihatkan betapa sayangnya peternak pada ulat sutera mereka dibanding dengan ternak lainnya" jelasnya.

"Kami bercita- cita memunculkan kembali sutera alam kita, bukan hanya sutera saja tapi memunculkan produk lain yang berhubungan dengan peternakan sutera ini seperti hasil olahan sutera yang bisa dijadikan kosmetik," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan dulu sutera sangat membantu perekonomian masyarakat tajuncu waktu itu.

"Pengembangan Sutera ini kurang saingan  di daerah lain karena banyak daerah yang tidak paham sutera sedangkan masyarakat kami 3/4 sudah paham Sutera dari dulu," ungkapnya.

Dikatakan dia, Pemerintah dan masyarakat sudah siap mengembangkan perindustrian sutera ke tahap lebih besar diantaranya dengan penyediaan lahan penanaman murbei yang siap diolah dan ditanam dalam waktu singkat ini.

"Tahun ini kita telah melakukan kerjasama dengan instansi terkait, semua pakar, perguruan tinggi, dan SDM yang siap pakai, tinggal lahan penanamam yang masih kurang untuk penyediaan pakan ulat sutera," tuturnya.

"Pemerintah akan mendukung seluruh program yang mensejahterahkan masyarakat seperti pengelolahan sutera ini," tambahnya.

Turut hadir Anggota DPR RI Dr HA Jamaro Dulung, para kepala SKPD terkait, para Camat, Perwakilan Unhas Dr Tasrifin Tahara, dari IPB Dr Ir Dedy Duryadi Solihin , Prof Dr Muh.Yusran Massijaya. (Rls)

loading...
close
Rakyatsatu