Iklan

Iklan

Petani Desa Kampala Terbantu Dengan Adanya Bantuan Alat Pompa Air

29 Mei 2024, 4:21 PM WIB Last Updated 2024-06-03T02:30:42Z

Alat Pompa Air dari Kementan RI / Foto : Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI -
Kelompok Tani Kolasa 1 yang berlokasi di Desa Kampala Kecamatan Sinjai Timur kini sangat bersyukur. 


Pasalnya, bantuan alat pompa air dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan-RI) sudah bisa dirasakan manfaatnya. Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian mereka.


Bantuan ini sebelumnya diterima oleh Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah yang diserahkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (27/05/2024) lalu, bertempat di Kantor Gubernur Sulsel.


Muh. Jamil selaku Ketua Kelompok Tani Kolasa 1 saat ditemui ketika uji coba pompa, Rabu (29/5/2024) menyampaikan rasa syukurnya serta harapannya akan dampak positif dari alat pompa air ini.


Ia menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertanian, Penjabat Bupati Sinjai,  Kadis TPHP Sinjai serta seluruh pihak yang selama ini memfasilitasi sehingga bantuan tersebut ia terima. 


“Alhamdulillah pemerintah punya perhatian besar kepada para petani di Sinjai. Dulu kendalanya pompanya terbatas jadi petani kalau mau mengairi harus antri menunggu. Kalau ada bantuan pompa ini para petani yang mau mengairi lahannya bisa semakin terbantu,” ungkapnya.


Jamil juga mengungkapkan kesulitan yang selama ini dialami petani di wilayahnya dalam mendapatkan pasokan air yang cukup untuk irigasi sawah.


“Selama ini kita mengalami kesulitan di air, jadi airnya itu tidak sampai ke sawah kami. Makanya saya berharap dengan alat pompa ini, kita bisa meningkatkan hasil panen dalam satu tahun,” tambahnya. 


Kepala Dusun Kolasa, Muh. Tauhid juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah sebab salah satu kelompok tani di wilayahnya mendapat bantuan pompanisasi.


“Ini sangat membantu warga ketika musim kemarau tiba. Olehnya itu saya berterima kasih kepada Pemerintah dan penyuluh pertanian yang senantiasa membantu petani yang ada di dusun Kolasa,” ucapnya.


Sementara itu Kadis Tanaman Pangan,  Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin menyampaikan bahwa bantuan pompa air ini diharapkan dapat menjadi solusi atas masalah irigasi yang selama ini menghambat produktivitas para petani.


“Dengan alat ini, tidak hanya hasil panen yang diharapkan meningkat, tetapi juga ketahanan pangan dan kesejahteraan para petani di Kabupaten Sinjai,” harapnya. [Ikhlas/Sudirman]

Komentar

Tampilkan

  • Petani Desa Kampala Terbantu Dengan Adanya Bantuan Alat Pompa Air
  • 0

Terkini

Iklan