Iklan

Iklan

Pasi Ter Kodim 1407/Bone Bersama Babinsa Koramil 1407-15 Mare Datangi SMPN 2 Mare

19 Mei 2024, 1:47 PM WIB Last Updated 2024-05-19T14:48:43Z

Anggota Gerakan Pramuka yang berpangkalan di SMPN 2 Mare menerima materi dari Danramil 1407-15 Mare/ Foto : Dok. Kodim Bone

RAKYATSATU.COM, BONE
- Pasi Ter Kodim 1407/Bone yang juga Danramil 1407-15 Mare, Kapten Inf Muh. Arsyad, mendatangi SMPN 2 Mare, mulai hari Sabtu (18 Mei 2024) hingga hari ini, Minggu (19/5/2024).


Kedatangan orang nomor satu dijajaran Makoramil 1407-15 Mare ini ditemani sejumlah Babinsa Koramil 1407-15 Mare dan beberapa personel Kodim 1407/Bone, untuk memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta Peduli Lingkungan Hidup ke anggota Pramuka yang berpangkalan di SMPN 2 Mare, Desa Sumaling Kecamatan Mare Kabupaten Bone. 


"Kami ke SMPN 2 Mare guna memberikan materi yang berhubungan dengan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Peduli Lingkungan serta sekaligus memperkenalkan Saka Wira Kartika ke adek-adek Pramuka SMPN 2 Mare," ujar Kapten Inf. Muh. Arsyad, yang ditemui di sela-sela pemberian materi, Minggu (19/5/2024).


Kapten Inf Muh. Arsad, menuturkan, dalam kegiatan Kepramukaan ini, para anggota Gerakan Pramuka yang berpangkalan di SMPN 2 Mare dibekali ilmu pengetahuan tentang Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Peduli Lingkungan lewat Krida-Krida Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika. 


Ia menjelaskan bahwa Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.


"Para adek-adek dibekali pemahaman tentang pendidikan Bela Negara melalui Krida Saka Wira Kartika, seperti Krida Survival, Krida Pionering (Perintis), Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat dan Krida penanggulangan bencana alam," jelasnya lagi. 


Ia menambahkan, kegiatan perkemahan terlaksana berkat kerjasama Kodim 1407/Bone dengan SMPN 2 Mare. Ini Perkemahan Sabtu-Minggu bekerjasama Saka Wira Kartika Kodim 1407/Bone TA. 2024 dengan SMPN 2 Mare.


Kegiatan yang bertema "Bersatu dengan Alam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan dan Peduli Lingkungan", dibuka Camat Mare melalui Sekcam Mare, Sainal Abidin, di Desa Sumaling Kecamatan Mare Kabupaten Bone, Sabtu (18/5/2024) kemarin.


Dalam sambutannya, Sekcam Mare berharap, agar semua satuan pendidikan di Kecamatan Mare mengisi kegiatan jeda semester dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti Kepramukaan. 


"Semoga kegiatan seperti ini (kepramukaan) dapat dilaksanakan di semua satuan pendidikan di Kecamatan Mare, sebab kegiatan Kepramukaan sangat bermanfaat bagi pelajar dalam pembentukan karakter," ujar Sainal Abidin. 


"Sebagai Sekretaris Mabiran GP Mare, saya berharap agar semua UPT Pendidikan yang ada dalam wilayah Kecamatan Mare dapat lebih aktif dan giat dalam kegiatan atau latihan Kepramukaan di gugus depan masing-masing," ujarnya lagi. 


Sementara itu, Kepala UPT SMPN 2 Mare, Saniati merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Danramil 1407-15 Mare yang mengisi kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di sekolahnya.


"Terima kasih atas perhatian Danramil 1407-15 Mare ke sekolah kami. Tentu kami berharap pula agar kerjasama ini terus terjalin demi para generasi bangsa kita ini," ujar Saniati. 


Ia menambahkan, dengan hadirnya Danramil 1407-15 Mare di SMPN 2 Mare, semakin menambah wawasan pengetahuan Kepramukaan siswanya, khususnya dalam kesakaan yakni terkait Saka Wira Kartika. [Ikhlas/Rasul]

Komentar

Tampilkan

  • Pasi Ter Kodim 1407/Bone Bersama Babinsa Koramil 1407-15 Mare Datangi SMPN 2 Mare
  • 0

Terkini

Iklan