Iklan

Iklan

Pemkab Sinjai Serap Kebutuhan Masyarakat Melalui Musrenbang

28 Februari 2024, 7:33 PM WIB Last Updated 2024-03-01T08:36:24Z

Suasana Musrenbang tingkat kecamatan, di Kecamatan Sinjai Selatan/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sinjai Tahun 2025 Tingkat Kecamatan, memasuki hari kedua, Rabu (28/2/2024).


Kali ini, Musrembang tingkat kecamatan digelar di Kecamatan Sinjai Selatan, dan dipusatkan di aula kantor Camat Sinjai Selatan.


Musrenbang yang digelar rutin setiap tahunnya untuk dilakukan penyusunan sejumlah rencana pembangunan di suatu wilayah seperti menentukan anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya, ini dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah.


Tujuannya sebagai penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah di wilayah kecamatan.


Selain itu hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa mendampingi Pj Bupati, para asisten, staf ahli, kepala OPD, serta dihadiri para kepala Desa/lurah Se-Kecamatan Sinjai Selatan.


Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengatakan, usulan desa/kelurahan yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Sinjai Selatan harus sesuai dengan sasaran dan prioritas pembangunan daerah.


Olehnya itu, kegiatan prioritas pembangunan Daerah di wilayah kecamatan tetap mengacu pada rencana program dalam rancangan RKPD Pemerintah daerah.


Menurut Andi Jefrianto, penyampaian aspirasi masyarakat hasil musrembang mulai tahun lalu juga telah diwajibkan melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), yang disesuaikan dengan program Prioritas Tahunan dan disinkronkan dengan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah, sehingga diharapkan terjadi sinergitas antara perencanaan daerah dengan perencanaan desa.


Adapun program prioritas daerah tersebut diarahkan untuk pencapaian prioritas pembangunan tahun 2024- 2026, yaitu: Peningkatan pendapatan masyarakat yang merata, Peningkatan Kualitas SDM, Peningkatan kualitas fungsi lingkungan hidup secara berkelanjutan, serta peningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan daya saing daerah.


“Saya sangat mengharapkan masukan dari semua unsur dalam Musrenbang ini, karena merupakan media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku kepentingan, untuk menyelaraskan prioritas pembangunan desa/kelurahan dan kecamatan, dengan prioritas dan sasaran pembangunan yang lebih berkualitas,” harapnya.


Sebelumnya, Musrembang tingkat kecamatan hari pertama digelar Pemkab Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai di Kecamatan Pulau Sembilan pada Kamis, 22 Februari 2024 pekan lalu. [Ikhlas/Sudirman]

Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Sinjai Serap Kebutuhan Masyarakat Melalui Musrenbang
  • 0

Terkini

Iklan