Iklan

Iklan

Diskominfo-BPS Sinjai Gelar Rakor SDI, Ini Tujuannya

07 Februari 2024, 6:02 PM WIB Last Updated 2024-02-14T17:42:00Z



RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Pelayanan Publik pada Instansi Pemerintahan Daerah, Diskominfo dan Persandian bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai melaksanakan rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI) di Aula Kantor BPS Sinjai, Rabu (7/2/2024) kemarin.


Rapat yang membahas terkait Forum Satu Data ini menghadirkan Diskominfo dan Persandian selaku Wali data, Bappeda selaku Sekretariat dan BPS selaku Pembina data.


Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Dr. Mansyur mengemukakan bahwa rapat ini dilaksanakan untuk menyatukan persepsi dalan melaksanakan tugas dan fungsi dalam Forum Satu Data yang telah dibentuk.


“Dalam rapat ini kita harapkan ada rencana aksi yang kita lakukan untuk pelaksanaan evaluasi indeks pembangunan statistik (IPS) dan pengelolaan data statistik sektoral yang dilaksanakan Diskominfo terhadap produsen data yang ada di OPD,” jelasnya.


Sementara itu, Kepala BPS Sinjai Arif Miftahuddin menyampaikan bahwa rapat ini merupakan implementasi salam mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) khususnya salam memaksimalkan fungsi Forum Satu Data.


“Kita sudah punya legalitas sehingga tinggal bagaimana implementasi dan aksi dalan rangka meningkatkan kinerja dari Forum Satu Data karena kita akui belum optimal,” tuturnya.


Dalam mewujudkan SDI, kata Arif, tidak lepas dari beberapa jenis data yang dibutuhkan mulai dari data statistik dasar yang disiapkan oleh BPS dan data statistik sektoral yang bersumber dari OPD serta Diskominfo dan Persandian selaku wali data.


“Intinya data-data ini sangat penting dalam rangka membantu Pemerintah Daerah untuk menyediakan data-data yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan dan mengambil kebijakan dalam pembanguan Sinjai kedepan,” tandasnya.


Rapat ini turut dihadiri oleh Kabid Persandian dan Statistik Diskominfosandi Sinjai Usman, Kabid Perencanaan Makro, Pembiayaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Sinjai Rezki Ardy Djafar serta jajaran dari BPS dan Diskominfosandi Sinjai. [Ikhlas/Sudirman]

Komentar

Tampilkan

  • Diskominfo-BPS Sinjai Gelar Rakor SDI, Ini Tujuannya
  • 0

Terkini

Iklan