Iklan

Iklan

Empat Putra Terbaik Maros Berebut Kursi DPR RI, Ada Nama Mantan Bupati

22 Mei 2023, 9:56 AM WIB Last Updated 2023-05-24T07:15:24Z

Mantan Bupati Maros Hatta Rahman saat ditemui media disalah satu cafe di kota Maros, Senin (23/5/2023)/ Foto : Arul 

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Pasca penerimaan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) oleh KPU secara berjenjang, sejumlah nama politikus yang juga merupakan putra terbaik kabupaten Maros, dipastikan siap maju di pemilihan Anggota Legislatif DPR RI, Senin (22/5/2023).


Beberapa diantaranya yang telah memastikan diri untuk bertarung memperebutkan salah satu dari 9 kursi di Dapil pemilihan II yang meliputi Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Wajo, Soppeng, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Kota Pare-pare


Mantan Bupati, Hatta Rahman, Mantan Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Wawan Mattaliu, politikus Nur Hasan dan Ketua DPD II Nasdem Maros Sahiruddin.


Mantan Wakil Bupati Hatta Rahman dipastikan maju melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Wawan Mattaliu maju melalui pintu PKB, Nurhasan dipastikan maju melalui PAN, dan terakhir Sahiruddin maju melalui partai yang dipimpinnya, Nasdem.


Wawan Mattaliu Sendiri telah medeklarasikan keinginannya maju di DPR RI melalui PKB sepekan lalu. Dia mengatakan, DPR RI membutuhkan representasi dari orang biasa sebagai legislator. Dia berharap, dengan majunya dirinya bisa memberi warna dalam pengambilan keputusan-keputusan dari orang biasa kelak.


"Saya fikir, DPR membutuhkan representasi dari orang biasa seperti kami. Inilah yang mendorong kami untuk melangkahkan kako ke DPR RI. Pengalaman menjadi anggota DPRD Sulsel dua periode kami anggap cukuplah untuk membantu langkah saya selanjutnya," jelasnya.


Terkait nomor urut sendiri kata Founder Laskar Orang Biasa (Lorsa) ini, pihaknya tidak begitu mempersoalkannya.


"Pada dasarnya saya tidak mempermasahkan nomor urut. Karena bagi saya semua nomor itu membawa hoki dan memiliki keberuntungannya sendiri," jelasnya.


Wawan sendiri menyimpulkan, personal dirinya setelah 10 di DPRD Sulsel bahwa pada akhirnya regulasi dari jakarta yang menentukan nasib orang sulsel. "Sehingga kita butuh mendorong orang yang memahami daerahnya dan paham bagaimana solusinya menjadi kebijakan nanti. Sehingga efeknya akan sampai ke bawah," jelasnya.


Sementara itu, Politikus Maros yang juga mantan Ketua PBR Sulsel, Nurhasan memilih berlabuh ke partai berlambang matahari terbit PAN untuk memuluskan langkahnya menuju Senayan.


Beberapa waktu lalu, Nurhasan mengakui jika dirinya memilih berlabuh di Partai yang diketuai Bupati Maros ini. Dia mengaku niatnya maju lewat partai PAN, karena ingin membangun kabupaten Maros.


"Iya dinda, kita bismillah untuk maju di Dapil 2 Sulsel lewat Partai PAN. Mohon doata semua. Intinya kita ingin membangun Maros melalui partai PAN. Untuk lebih jelasnya, bisalah kita bertanya ke Ketua PAN Maros, perihal niat kami bergabung di PAN," tandasnya.


Berbeda halnya dengan mantan Ketua DPD PAN Maros yang juga Mantan Bupati Maros Hatta Rahman periode 2010-2020. Setelah secara mengejutkan mengatakan telah keluar dari partai yang mengantarnya menjadi Bupati Maros dua periode pada November 2022 lalu, bapak empat anak ini memilih PPP sebagai kendaraannya untuk maju di senayan.


Hatta Rahman membeberkan alasannya maju ke Senayan menggunakan PPP. Dia merasa partai berlambang ka'bah ini ada kecocokan dengan visi-misinya membangun Maros dari luar eksekutif.


"Terutama karena PPP merupakan partai Islam dan memiliki lambang Ka'bah yang mudah disosialisasikan," jelasnya.


Lebih lanjut, Hatta beralasan, saat ditawari menjadi anggota PPP, dirinya sedang melaksanakan ibadah umrah berada di Makkah. Hatta optimis masih dapat meraih dukungan masyarakat untuk mewakili warga Maros di Senayan.


"Kita optimis terkait target suara melihat animo masyarakat yang baru pertama kali ada potensi orang Maros duduk di Senayan. Jadi masyarakat ingin menyatukan dukungan di satu calon. Saya yakin jika itu dilakukan Maros punya wakil di Senayan," katanya.


Mantan Bupati Maros, Hatta Rahman yang digadang-gadang akan maju di Pemilihan Legislatif DPR-RI periode 2024, menarget bisa meraih maksimal 100 ribu suara.


Hitung-hitungan ini kata dia, bisa diperoleh jika sekitar 40 persen pemilih di Maros akan mendukungnya untuk duduk di Senayan.


Meskipun basis terbesarnya ada di Maros, namun Hatta juga akan menggarap daerah lain yang memiliki potensi suara.


Sementara itu, Ketua DPD II Partai Nasdem Sahiruddin juga disebut-sebut akan bertarung memperebutkan suara menuju senayan. Hal ini dibuktikannya dengan beberapa kali menghadiri sosialisasi di beberapa tempat terkait keinginannya maju di DPR RI. Di beberapa titik strategis, baliho-baliho besar miliknya mulai terpampang. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • Empat Putra Terbaik Maros Berebut Kursi DPR RI, Ada Nama Mantan Bupati
  • 0

Terkini

Iklan