Iklan

Iklan

Danrem 141/Tp Hadiri Penanaman Magrove Serentak Jajaran TNI

16 Mei 2023, 2:48 PM WIB Last Updated 2023-05-16T06:48:40Z

Suasana Penanaman Magrove Serentak Jajaran TNI Diseluruh Wilayah Indonesia, di Desa Bonto Bahari, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulsel, Selasa (16/5/2023)/ Foto : Dok. Korem 141 Tp

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Komandan Korem (Danrem) 141/Tp Brigjen TNI Budi Suharto, turut serta dalam kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Jajaran TNI diseluruh Indonesia, Bertempat di Desa Bonto Bahari, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulsel, Selasa (16/5/2023).


Penanaman mangrove ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo secara Video Confrence yang didampingi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Pantai Indah Kapuk Jakarta.


Danrem 141/Tp menyampaikan berkumpulnya kita di Bonto Bahari Kabupaten Maros ini, dalam rangka melaksanakan perintah Bapak Presiden dan Panglima TNI yaitu dalam rangka menciptakan ekosistem baru di wilayah pantai Indonesia perlu dilakukan penanaman mangrove. 


Tujuannya adalah keseimbangan lingkungan hidup, mencegah abrasi pantai, perekonomian dan rehabilitasi hutan mangrove itu sendiri. Penanaman mangrove diwilayah Korem 141/Tp ini kita laksanakan di 13 titik pantai di 13 wilayah Kodim, karena 5 wilayah Kodim lainnya tidak memiliki pantai. 


Luas pantai yang kita tanam di 13 titik tersebut kurang lebih 10 hektar, dengan 18.150 pohon yang kita tanam. Dalam kegiatan ini kita melibatkan 2.157 orang yang tersebar di 13 wilayah bersama- sama unsur Polri, Pemda, organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda, Pramuka, ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.


"Untuk di wilayah Maros sendiri kita tanam disini sebanyak 2000 pohon ditanam dalam 2 tahap, tadi 1000 pohon, bulan Maret lalu sudah kita tanam 1000 pohon" terang Budi Suharto.


Ditempat yang sama, Dandim 1422 Maros Letkol Inf Muhammad Hujairin, mengatakan Pihaknya juga berharap pohon mangrove yang ditanam bisa bermanfaat dan menjadi motivasi kelompok masyarakat dan perusahaan untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.


"Ini adalah giat positif, yang terpenting bukan hanya menanam, namun juga merawatnya hingga benar-benar bisa tumbuh subur dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar," pungkasnya. [Ikhlas/Rasul]

Komentar

Tampilkan

  • Danrem 141/Tp Hadiri Penanaman Magrove Serentak Jajaran TNI
  • 0

Terkini

Iklan