-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Inovasi Bidan PKM Mannanti Masuk Top 30 KIPP Sulsel

15 April 2023 | 4:38 PM WIB |

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengapresiasi salah satu Inovasi milik Puskesmas Mannanti mampu bersaing di tingkat Provinsi. Hal itu dia ungkapkan saatsaat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/4/2023) kemarin/ Foto : Sudirman

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Inovasi Temukan Masalah Ibu Hamil dengan Kartu Ibu (TEMAN KARIB) yang dicetuskan oleh Nurwaida, Amd. Keb, salah satu bidan di puskesmas Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai masuk Top 30 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023.


Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengapresiasi salah satu Inovasi milik Puskesmas Mannanti mampu bersaing di tingkat Provinsi.


dr. Emmy menyebut, inovasi ini lahir karena adanya kasus kematian ibu hamil beresiko (hipertensi yang tidak terkontrol) sementara petugas kesulitan mengidentifikasi status Kesehatan ibu hamil jika hanya melalui buku registrasi pustu.


Sehingga kata dia, dengan adanya inovasi tersebut berupaya memberikan layanan khusus bagi Ibu hamil yang bertujuan sebagai screening awal petugas terhadap semua ibu hamil, sehingga dapat membantu petugas untuk mengidentifikasi ibu hamil yang beresiko atau tidak serta menjadi penanda atau alarm bagi petugas sehingga dapat memitigasi resiko.


"Kami tentu sangat mengapresiasi inovasi yang dilahirkan oleh salah bidan yang ada Puskesmas Mannanti. Olehnya itu saya berharap semoga inovasi ini bisa tembus di tingkat nasional," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/4/2023) kemarin.


Dia menuturkan bahwa, saat ini inovator telah melakukan coaching di Makassar, karena pada saat pemaparan sebelumnya beberapa masukan dari panelis sehingga itulah yang disempurnakan dengan coaching.


dr. Emmy menambahkan, inovasi yang dicetuskan oleh masing-masing puskesmas setiap tahunnya merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. 

 

Memang Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dalam setiap tahunnya mengikutkan inovasinya pada kompetisi pelayanan publik namun baru beberapa yang berhasil lolos baik ditingkat Provinsi maupun Nasional.


Sebut saja inovasi Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) Bahari lolos Top 40 tingkat Nasional, MLM IVA SADANIS lolos Top 99, Inovasi ‘Cake Kebun' Top 30 dan Teman Karib. [Ikhlas/Sudirman]

×
Berita Terbaru Update