-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Optimalkan Tata Kelola Kearsipan, Sekda Maros Launching Program Srikandi

01 Maret 2023 | 1:19 PM WIB |

Penerimaan tanda launching Srikandi versi Live oleh Sekda Maros, Andi Davied (kanan) pada acara launching Srikandi, di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Rabu (1/3/2023)/ Foto : Dok. Pemkab Maros

RAKYATSATU.COM, MAROS - 
Sekretaris Daerah Kabupaten Maros, Andi Davied Syamsuddin resmi melaunching Sistem Informasi Arsip Dinamis Terintegrasi (Srikandi) versi live Kabupaten Maros. Kegiatan berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Rabu (1/3/2023).


Aplikasi Srikandi Live adalah aplikasi yang digunakan sebagai upaya mengoptimalkan tata kelola kearsipan. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).


Arsiparis Ahli Madya Arsip Nasional Republik Indonesia, Satriani mengungkapkan, Srikandi sangan baik untuk diterapkan. Sebagai pengembangan tata kelola kearsipan.


"Dibandingkan dengan Srikandi, tata kelola dengan cara lama terhitung tidak efesien. Memiliki akses yang lamban, serta penyimpanan yang tersebar dimana-mana," ungkapnya.


Ia menambahkan, dengan menggunakan aplikasi Srikandi, cara melacak dan mengidentifikasi arsip akan lebih cepat. Sistem pengamanan arsip jangka panjang yang dipindahkan akan secara otomatis dari tempat penyimpanan.


"Lebih terintegrasi, efesien dan efektif. Akan menjadi satu atap, lembaga pemerintah pusat dan daerah tidak lagi membangun aplikasinya sendiri-sendiri," tuturnya.


Sejalan dengan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Maros, Andi Davied Syamsuddin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros atas pelaksanaan kegiatan hari ini yang hasilnya memberikan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menata kearsipan.   


"Tertib arsip untuk kepentingan kita semua, karena ada kejadian dimana pemerintah harus kehilangan hak kepemilikannya atas asetnya sebab tidak punya arsip dokumen kepemilikan," ungkapnya.


Ia menjelaskan, tujuan penyelenggaraan kearsipan ini untuk menjamin ketersedianya arsip yang otentik dan terpercaya yang memiliki nilai dan arti yang penting dalam Pemerintahan. 


"Karena mewujudkan tertib Arsip Berbading lurus dengan mewujudkan tertib administrasi. diharapkan semua OPD serius mendukung penertiban arsip agar kedepannya dapat mengatasi persoalan aset pemerintah," jelasnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Amaluddin menyebutkan, kegiatan launching juga dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis Srikandi.


Kegiatan tersebut Berlangsung dua hari, tanggal 1-2 Maret 2023. Melibatkan Kepala OPD Pemkab Maros, Para Kasubag Kepegawaian, Admin Srikandi Pemda, Kepala Bidang Persandian Kominfo-SP, Penata Usaha/Pencatat Surat OPD. [Ikhlas/Arul]

×
Berita Terbaru Update