Iklan

Iklan

Dinkes Pangkep Gerak Cepat Antisiapasi Penyakit Typoid

11 Februari 2023, 3:13 PM WIB Last Updated 2023-05-05T09:15:48Z

Ilustrasi Penyakit Typoid/ Foto : Dok. Internet

RAKYATSATU.COM, PANGKEP
- Pasca ditemukannya masyarakat pulau Karanrang yang terkena typoid. Pemkab Pangkep melalui dinas kesehatan bergerak cepat melalukan pemeriksaan kesehatan.


Selain pemeriksaan kesehatan, Tim Dinas kesehatan dibantu pemerintah kecamatan dan pemerintah desa Mattirobulu juga melakukan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, serta mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.


Pemkab Pangkep juga akan pemberian obat cacing massal di pulau Karanrang, desa Mattirobulu. Obat cacing akan diberikan kepada seluruh warga pulau Karanrang yang berjumlah 3000an orang.


Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau(MYL) mengatakan, pemberian obat cacing massal ini dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukannya warga yang terindikasi ada telur cacing di perut.


“Olehnya itu, kami akan memberikan obat cacing massal kepada 3000an warga disana. Dan Alhamdulillah, masyarakat disana merespon dengan baik,”ujarnya, Sabtu (11/2/2023).


Kepala dinas kesehatan Pangkep, Hj Herlina mengatakan guna memastikan penyebab warga terserang typoid pihaknya telah mengambil sampel air yang akan diuji di laboratorium.


“Kita masih menunggu hasil pemeriksaan lab. Tapi, pak camat sudah sampaikan disana ada depot air yang cara produksinya tidak sesuai yang baik. Makanya kami membina agar memproduksi air dengan baik. Karena kadang masyarakat menganggap membeli air di depo, sudah pasti airnya bersih padahal adakalanya karena cara produksinya yang tidak tepat sehingga airnya terkontaminasi dengan kuman,”tambahnya.


Berdasarkan data, sejak 31 januari 2023 terdapat 22 warga yang didiagnosa typoid. [Ikhlas/Amin]

Komentar

Tampilkan

  • Dinkes Pangkep Gerak Cepat Antisiapasi Penyakit Typoid
  • 0

Terkini

Iklan