-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Diskoperindag Maros Bakal Wujudkan Ekosistem Kewirausahaan UMKM

31 Januari 2023 | 10:37 PM WIB |

Kepala Dinas Koperindag Maros, Toadeng didampingi Penanggung jawab Rumah Kemasan Maros Muh Fajrin Yusuf saat di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) agar program pengembangan UMKM kabupaten Maros dapat selaras dengan program Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Selasa (31/1/2023)/ Foto : Dok. Pemkab Maros

RAKYATSATU.COM, MAROS -
Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Maros terus berbenah untuk melaksanakan program unggulan yang diharapkan mampu meningkatkan daya saing pelaku UKM, IKM dan Koperasi.


Salah satu upaya yang dilakukan ialah melakukan sinergitas tingkat Kementerian.


Kepala Dinas Koperindag Maros, Toadeng didampingi Penanggung jawab Rumah Kemasan Maros Muh Fajrin Yusuf menggelar agenda audiensi di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) agar program pengembangan UMKM kabupaten Maros dapat selaras dengan program Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Selasa (31/1/2023).


Langkah ini dituju karena Dinas Koperindag mengakselerasi rasio kewirausahaan 11.95 persen dan penumbuhan wirausaha 20 persen sampai tahun 2024 dapat tercapai.


Dalam Audiens ini Kepala Dinas Koperindag Toadeng memaparkan terkait rencana kerja yang berbasis kolaborasi dihadapan Asisten Deputi Ekosistem Bisnis Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKop UKM, Irwansyah Putra.


Dimana Dinas Koperindag telah menjalani beberapa kerjasama dengan beberapa pihak seperti UNHAS, UMMA, UNM, TELKOM, MANDIRI, KEMENAG, BEA CUKAI, BDI dan lainnya.


Menurut Kepala Dinas Koperindag Toadeng, Wirausaha di Kabupaten Maros masih belum mencapai angka yang ideal untuk bisa menjadi UMKM maju dengan aspek persoalan terkait kelembagaan, permodalan, pengembangan bisnis, pasar, dan promosi, untuk menyelesaikan persoalan ini.


Dinas Koperindag juga telah mengusulkan Pembentukan UPT PLUT, Sentra Industri dan Kemasan (PLUT SETRIMAS) yang kemudian berkolaborasi dengan beberapa mitra dari berbagai sektor baik dengan Akademisi, BUMN, Balai Diklat dan seterusnya.


Pemerintah Daerah berharap semua persoalan dan pelayanan UKM dapat diselesaikan di suatu tempat yaitu PLUT Sentimas Maros Maka dari itu, perlu upaya untuk mewujudkan ekosistem kewirausahaan yang mendukung diantaranya melalui sinergi lintas sektor, standardisasi, dan integrasi pelaksanaan program baik di tingkat pusat maupun daerah, serta mengembangkan proses bisnis dalam ekosistem kewirausahaan.


Senada dengan Kadis Koperindag, Asisten Deputi (Asdep) bidang Kewirausahaan Irwansyah mengatakan, langkah yang ditempuh oleh Dinas Koperindag sudah benar dan untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan kewirausahaan di tanah air, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional.


"Maka dari itu, perlu upaya untuk mewujudkan ekosistem kewirausahaan yang mendukung diantaranya melalui sinergi lintas sektor, standardisasi, dan integrasi pelaksanaan program baik di tingkat pusat maupun daerah, serta mengembangkan proses bisnis dalam ekosistem kewirausahaan," ucap Irwansyah Putra dalam Audiens, di Kantor Kementerian Koperasi UKM, Jakarta.


Lebih lanjut, Irwansyah menyarankan agar Pemkab Maros rutin menggelar Workshop UMKM sebagai salah satu langkah sosialisasi Perpres nomor 2 Tahun 2022 dan pendampingan UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital. 


Irwan mengatakan, keinginan kuat dari pelaku usaha untuk naik kelas, dukungan berbagai program dan insentif dari pemerintah, serta sinergi dengan berbagai pihak diharapkan dapat mendorong lahirnya wirausaha yang tidak hanya tangguh dan inovatif tapi juga mampu menyerap banyak tenaga kerja.


"Hal ini sekaligus menjadi penggerak lahirnya wirausaha baru dan jika kabupaten Maros mampu melakukan itu maka saya optimis bahwa PLUT Sentrimas di Maros bisa menjadi salah satu yang terbaik,” pungkasnya. [Ikhlas/Arul]

×
Berita Terbaru Update