Iklan

Iklan

Pangdam XIV/Hasanuddin Resmikan Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali

30 Desember 2022, 9:08 AM WIB Last Updated 2022-12-30T01:08:16Z

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, menandatangani berita acara peresmian, naskah penyerahan tugas Danyonarmed 21/105 Tarik/Kawali, Pakta Integritas dan naskah berita acara penerimaan tugas dan tanggung jawab jabatan Ketua Persit KCK Cabang XII Yonarmed PD XIV Hasanuddin, Kamis (29/12/2022)/ Foto : Dok. Penrem 141/Tp

RAKYATSATU.COM, BONE
.-Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso meresmikan Satuan Baru Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hasanuddin bertempat di Mako Yon Armed 21/105 Tarik/Kawali, Jalan Poros Leppangeng, Desa Bulu Allaporenge, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Kamis (29/12/2022).


Dalam amanatnya, Pangdam XIV/Hsn mengatakan, Angkatan Daarat mengacu pada rencana strategis tahun 2020-2024 TNI AD, peresmian Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hsn ini dalam rangka menjawab tuntutan tugas dan optimalisasi dalam mewujudkan keutuhan NKRI. Salah satunya melaksanakan penataan dan pembentukan satuan baru di wilayah Kodam XIV/Hsn.


"Pimpinan sangat berharap bahwa dengan adanya satuan baru nantinya akan lebih optimal dalam pelaksanaan tugas pokok Kodam XIV/Hsn dan lebih optimal Kodam dalam melaksanakan bantuan kepada Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah, dan akan lebih optimal dalam menghadapi apapun bentuk ancaman yang akan mengganggu keamanan di wilayah," harap Pangdam.


"Inilah yang menjadi tuntutan kita bersama agar Batalyon Armed 21/105 menjadi tuntutan kalian untuk melaksanakan tugas pokok TNI yang lebih optimal dan lebih baik,” tandasnya.


Disampaikannya lagi bahwa, sesuai UU TNI tugas pokok TNI itu ada dua yaitu operasi militer peran dan operasi militer selain peran.


Pada saat dituntut melaksanakan Operasi militer peran maka Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali dapat menggunakan Alustista barupa meriam yang ada.


“Itu adalah istrimu, itu adalah alat peranmu maka rawatlah dengan baik,” pintanya.


"Kemudian tuntutan yang kedua apabila dilibatkan dalam penanganan operasi militer selain peran, contohnya bencana alam, separatis, membantu pemerintah daerah, dan kepolisian, maka tentu kalian nantinya diorganisir sesuai dengan yang telah ditentukan tanpa menggunakan alat peran meriam 105 itu," jelas Pangdam.


Tak lepas dari itu semua, Pangdam XIV/Hsn juga meminta dukungan penuh Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali agar membantu pemerintah daerah Kabupaten Bone dalam membangun Bone kedepan menjadi lebih baik, termasuk membantu pemerintah provinsi Sulsel.


Kepada prajurit Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hsn bekerjalah dengan baik, jaga nama baik Angkatan Darat, tunjukkan bahwa Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali adalah prajutit sejati, profesional, kapabel dan kehadiranya bermanfaat bagi orang lain.


Setelah upacara peresmian Pangdam melanjutkan kegiatan tanam jangung dan pelepasan bibit ikan lele di kawasan Ketahanan Pangan Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali, dilanjutkan pengarahan kepada seluruh prajurit Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali serta peninjauan pangkalan.


Turut hadir dalam kegiatan, Danpussen Armed Mayjen TNI Yudhi Candra Jaya, Dirbinsen Armed Brigjen TNI Saiful Rahman, Danrem 143/Ho Brigjen TNI Yufti S, para pejabat utama Kodam XIV/Hsn, mewakili Danrem 142/Tatag Kolonel Arm Iron Prasetyo, para pejabat utama Korem 141/Tp, Kasat Pol PP Andi Rijaya (mewakili Gubernur Sulsel), Irlantas Polda Sulsel Kombes Polisi Kala (mewakili Kapolda Sulsel), Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M (mewakili Bupati Bone), para Dandim jajaran Korem 141/Tp, para Dan/Kabalak Korem 141/Tp. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Pangdam XIV/Hasanuddin Resmikan Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali
  • 0

Terkini

Iklan