Iklan

Iklan

Anggota DPRD Wajo Soroti Penggunaan RTH Dijadikan Tempat Hajatan Pernikahan

04 Oktober 2022, 3:26 PM WIB Last Updated 2022-12-02T05:53:00Z

RAKYATSATU.COM, WAJO – Penggunaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Callaccu Sengkang, Kabupaten Wajo yang bakal dijadikan tempat menggelar resepsi pernikahan terus menuai sorotan. Termasuk dari Anggota DPRD Wajo.

Polemik penggunaan RTH Callaccu ini bahkan mencuat pada rapat paripurna DPRD Wajo, Selasa (4/10/2022).

Dalam pandangan Fraksi Gerindra terhadap pengajuan Ranperda RTRW Kabupaten Wajo, yang dibacakan juru bicara fraksi, H Mustafa. Legislator yang dikenal vokal tersebut meminta Pemkab Wajo untuk lebih teliti dan cermat dalam memberikan ijin dalam pemanfaatan lokasi RTH Taman Callaccu.

Dia menyebut untuk mengeluarkan penggunaan ijin RTH dibutuhkan kajian dan telaah dari OPD terkait sebelum mengeluarkan rekomendasi dengan mempertimbangkan 4 fungsi RTH yakni ekologos, sosial budaya, estetika dan ekonomi.

“Fraksi Gerindra meminta Pemkab Wajo lebih teliti dan cermat dalam memberikan ijin pemanfaatan RTH Taman Callaccu,” kata Mustafa.

Tak berakhir disitu, setelah bupati memberi jawaban dan tanggapan atas pandangan umum fraksi DPRD Wajo dan rapat paripurna ditutup. Dua anggota DPRD Wajo dari Partai Demokrat dan Partai Gerindra kembali mempertanyakan rekomendasi penggunaan RTH Taman Callaccu yang dikeluarkan Pemkab Wajo.

Politisi Partai Demokrat, Hairuddin mempertanyakan kebijakan Bupati Wajo yang memberikan ijin kepada H Herman, pemilik toko Emas Cahaya untuk menggunakan RTH Callaccu sebagai tempat pernikahan.

“Kalau anak-anak kecil yang bermain bola di RTH Callaccu dikejar-kejar oleh Satpol. Sementara orang kaya yang mau menggunakannya diloloskan, mohon penjelasan pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara itu, politisi Partai Gerindra, H Mustafa, kembali mempertanyakan pertimbangan hukum dari penggunaan RTH Taman Callaccu untuk sebuah hajatan pesta pernikahan.

“Sebelum mengeluarkan ijin penggunaan RTH Callaccu, apakah pemerintah Kabupaten Wajo sudah minta pertimbangan hukum dari bagian hukum Pemkab Wajo, jangan sampai ada aturan yang dilanggar,” ulang Mustafa mempertegas pertanyaan sebelumnya.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ketua DPRD Wajo, Andi Alauddin Palaguna melemparkan pertanyaan dua anggota dewan ke Wakil Bupati Wajo, Amran SE.

“Untuk pertanyaan ini, silahkan Wakil Bupati menjawabnya,” ujar Andi Alauddin.

Wakil Bupati Wajo, Amran SE, mengaku jika permohonan penggunaan RTH Taman Callaccu sudah berproses dari 2 bulan yang lalu, dan tentunya ada aturan-aturan yang harus dilaksanakan dari pemilik hajatan.

“Saya sudah panggil pemilik hajatan, dan mereka berjanji akan memperbaiki apabila ada kerusakan yang terjadi. Bahkan lebih baik dari sebelumnya. Jadi nanti ada foto awal sebelum hajatan dan ada juga foto sesudah hajatan,” jelasnya.

Perihal rumput yang menjadi sorotan di media sosial, lanjut Amran, itu tidak akan diinjak karena nanti akan ada pengaman diatasnya.

Selain itu, Amran menilai hajatan pernikahan di RTH Taman Callaccu akan memberi nilai plus bagi Kabupaten Wajo. Pasalnya kata dia, akan datang tamu dari KKSS Kalimantan Timur.

“Akan ada 320 tamu dari KKSS yang akan menginap di hotel dan itu sudah diboking dari 2 bulan lalu. Tentunya perputaran uang akan terjadi karena setelah selesai acara mereka akan belanja. Dan dipastikan mereka akan membeli oleh-oleh kain sutera,” ujarnya.

Selain itu lanjut dia, hajatan pernikahan ini akan lebih mengenalkan RTH Callaccu sebagai ikon kota Sengkang.

“Terlebih hajatan ini seperti pesta rakyat, karena nanti semua pedangang kaki lima yang ada di Kota Sengkang akan mengelilingi taman dan menyuguhkan kuliner dan dagangan gratis bagi masyarakat dan tamu yang telah dibagikan kupon.

“Dan ini adalah bagian dari recovery ekonomi. Sama dengan pasar malam yang ada di situ, ada PAD dan itu akan dimanfaatkan untuk masyarakat Wajo juga,” tambahnya.

Sebelumnya, ramai di media sosial Facebook, natizen menyoroti rencana resepsi pernikahan anak salah satu pemilik salah satu toko emas terbesar di Wajo ini, akan dihibur sejumlah artis ibu kota.

Pantauandi lokasi, sudah nampak aktivitas di Taman Callaccu untuk persiapan acara pernikahan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8-9 Oktober 2022.Tenda-tenda berukuran besar sudah berdiri.

Informasi yang dihimpun wartawan, untuk menggelar acara pernikahan anaknya, pemilik toko emas ini rela mengeluarkan uang sampai miliaran rupiah. Termasuk menghadirkan beberapa artis ibu kota. [Iklas/Yusuf]

Komentar

Tampilkan

  • Anggota DPRD Wajo Soroti Penggunaan RTH Dijadikan Tempat Hajatan Pernikahan
  • 0

Terkini

Iklan