Iklan

Iklan

Puluhan Calon Tenaga Kejra di Sinjai Ikuti Pendidikan dan Pelatihan

20 Oktober 2020, 1:29 PM WIB Last Updated 2020-10-20T05:29:36Z

RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Perdagangan Perindustrian (Perindag) dan ESDM Kabupaten Sinjai kembali memfasilitasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepada 55 calon tenaga kerja, Selasa (20/10/2020).


Calon tenaga kerja yang ikut dalam pelatihan ini adalah calon tenaga kerja millenial yang berusia 17-35 tahun atau yang masih produktif.


Diklat yang difokuskan pada pembuatan desain kemasan produk pangan itu berlangsung di Aula SMKN 1 Sinjai hingga 26 Oktober 2020 mendatang bekerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Makassar.


Kadisperindag dan ESDM Sinjai, Ir H Ramlan Hamid, mengatakan, pelatihan ini untuk mengasah keterampilan para calon tenaga kerja baru agar memiliki kompetensi yang diakui langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).


Pasalnya, diklat pembuatan desain kemasan produk pangan angkatan VI yang bertujuan untuk menumbuhkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) ini, juga sesuai standar kerja kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI).


"Jadi selama enam hari akan mengikuti pelatihan sampai kompetensi peserta pelatihan akan di uji sehingga mendapat pengakuan langsung dari BDI Makassar berupa sertifikat yang akan berguna dalam proses pengajuan usaha maupun pencarian kerja," jelasnya.


Ramlan berharap pelatihan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh calon tenaga kerja sehingga ada bekal  saat bekerja nantinya.


"Mewakili Pak Bupati dan Wabup Sinjai kami menyampaikan terima kasih kepada BDI yang telah mengadakan Diklat ini," tandasnya. 


Sementara itu pejabat fungsional Widyaiswara BDI Makassar, Agus Salim menyampaikan, bahwa Diklat ini lebih kepada pemberian motivasi bekerja dan berwirausaha, pemberian pengetahuan jenis bahan kemasan, Barcode, teori dan praktek desain grafis hingga pembuatan kemasan.


"Peserta diklat ini adalah calon tenaga kerja utusan dari beberapa IKM yang ada di Sinjai. Jadi yang bekompeten nanti akan diberi sertifikat dari BNSP makanya diberi nama Diklat 3 in 1," jelas Agus.


Pembukaan diklat pembuatan desain kemasan produk pangan angkatan VI tersebut turut dihadiri Kepala SMKN 1 Sinjai, Drs Muhiddin dan kepala UPT Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengolahan Ikan Larea-rea, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.


Sebelumnya Pemkab Sinjai dan BDI Makassar juga menyelenggarakan Diklat mengenai pengolahan ikan dan rumput laut beberapa waktu lalu. Sasarannya adalah calon wirausaha baru dan calon tenaga kerja utusan dari beberapa IKM yang ada di Sinjai.(ads)

Komentar

Tampilkan

  • Puluhan Calon Tenaga Kejra di Sinjai Ikuti Pendidikan dan Pelatihan
  • 0

Terkini

Iklan