Iklan

10/10/20, 13:16 WIB
Last Updated 2020-10-10T05:16:26Z
ADVERTORIALDaerahPemkab SinjaiSINJAI

Kadis Koperasi Sinjai : Pemerintah Pusat Tengah Siapkan Bantuan Dana Bergulir Untuk Koperasi

SINJAI – Selain bantuan langsung tunai yang disalurkan kepada pelaku UMKM, Pemerintah Pusat juga menyiapkan bantuan untuk Koperasi berupa bantuan dana bergulir.


Di Sinjai ada lima koperasi yang diusulkan mendapatkan bantuan dana bergulir dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB). Bantuan ini diberikan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).


Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H. Firdaus berharap dana bergulir dari pemerintah pusat ini bisa digunakan sebaik mungkin untuk pemulihan ekonomi.


“Kita patut bersyukur karena kita bisa usulkan 5 koperasi dan ini yang tertinggi dibanding Kabupaten lain yang rata-rata hanya 1 koperasi bahkan ada kabupaten yang tidak mendapatkan bantuan ini. Apalagi bunga sangat rendah hanya 3 persen per tahun,” katanya saat ditemui beberapa hari yang lalu.


Bantuan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir ini minimal memberikan pinjaman Rp500 juta setiap koperasi dan diharapkan dapat memperkuat permodalan anggota koperasi yang bergerak di sektor produktif.


“Kami dari Dinas Koperasi akan mengawasi terus bantuan ini karena harapan kita pelaku usaha yang tergabung anggota koperasi bisa nikmati bantuan ini untuk memulihkan usahanya,” jelas Firdaus.


Mantan Kadis Kominfo ini menambahkan, bantuan perkuatan permodalan dari LPDB menjadi sesuatu yang amat ditunggu pelaku koperasi, apalagi di tengah kondisi masih mewabahnya Covid-19.


“Target kami ada 15 koperasi di Sinjai yang bisa dapat bantuan ini sampai akhir tahun, olehnya itu kami harap Pengurus koperasi jangan sampai menyalahgunakan bantuan ini dan dapat mempertanggung jawabkan,” harapnya. (ads)