ads

10 April, 2019

Ini Dapil di Bone Diprediksi Bakal Melahirkan Banyak Wajah Baru di DPRD

Ini Dapil di Bone Diprediksi Bakal Melahirkan Banyak Wajah Baru di DPRD
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Dari lima (5) daerah pemilihan (dapil) calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Bone, hampir dipastikan bakal melahirkan wajah-wajah baru di kursi DPRD Kabupaten Bone pada pemilihan legislatif (pileg) di Pemilu yang akan dilaksanakan 17 April 2019 nanti.

Namun dari kelima dapil tersebut, ada dapil yang diprediksi bakal lebih banyak melahirkan wajah baru, yakni dapil dua (2) yang meliputi Kecamatan Barebbo, Sibulue, Cina, Ponre, Mare dan Kecamatan Tonra.

Sebagaimana yang dikemukakan Koordinator Jaringan Rakyat berSatu (JR1), Enal Rasul, lewat rilis hasil surveinya dalam satu pekan terakhir, ke Rakyatsatu.com, Kamis (11/04/2019).

"Dapil dua yang akan melahirkan sembilan (9) perwakilan di DPRD Kabupaten Bone, diprediksi bakal paling banyak menggugurkan incumbent atau bakal melahirkan wajah-wajah baru di kursi DPRD Bone. Di dapil 2 ini diprediksi akan muncul wajah baru sekira 60 persen," ujar Enal.

Hal itu katanya disebabkan dari berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut adalah adanya tingkat kejenuhan masyarakat atau selalu melahirkan wajah baru.

Faktor lainnya adalah kedekatan emosional antara para caleg yang menyebabkan masyarakat bingun menentukan pilihan.

Kemudian faktor lainnya adalah masyarakat atau pemilih yang berada di luar kota terkadang sangat susah untuk mendapatkan calegnya di kertas suara karena ada lima kertas suara yang akan dicoblos sehingga dapat menimbulkan kebingungan.

"Makanya dapil 2, 3, 4, dan 5 diprediksi bakal melahirkan wajah baru sekira 50 hingga 60 persen dibandingkan dengan dapil 1. Apalagi pemilih yang berada di luar kota masih banyak yang kesulitan untuk membedakan kertas suara untuk DPR dan DPRD. Beda dengan kertas suara presiden dan DPD yang ada fotonya," pungkas Enal. (Rasul)
Don't Miss

News Feed