ads

13 April, 2019

Babinsa Kodim 1404/Pinrang Tanamkan Wawasan Kebangsaan ke Murid SD

Babinsa Kodim 1404/Pinrang Tanamkan Wawasan Kebangsaan ke Murid SD
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, PINRANG - Berbagai upaya yang dilakukan guna menanamkan jiwa patriotisme sejak dini, seperti menanamkan jiwa patriotisme kepada pelajar sekolah dasar (SD).

Sebagaimana yang dilakukan Babinsa Koramil 1404-05 Kodim 1404/Pinrang Serka Muhammad Hatta, memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar SDN 274  Paleleng, Desa Kaseralau, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang, Jumat (12/04/2019).

Dihadapan puluhan putra putri pelajar SD tersebut, Serka Muhammad Hatta, memberikan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan.

Hal itu katanya bertujuan agar para generasi muda usia dini ini dapat untuk lebih mencintai tanah airnya, memiliki rasa bela negara, memiliki semangat juang dalam belajarnya serta tumbuh rasa saling menghormati antar sesama semenjak dini serta untuk menunjang pertahanan semesta sebagai sitem pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan yang nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Ia menuturkan bahwa mengapa dirinya memberikan pengenalan dan pemahaman Wawasan Kebangsaan kepada muris SD karena SD merupakan jenjang pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa.

"Pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mewarrnai perjalanannya meraih cita-citanya di masa yang akan datang," ujarnya.

Sesuai dengan levelnya, pemberian wawasan tersebut disesuaikan usianya, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi di tingkat Sekolah Dasar.

Babinsa Serka Muhammad Hatta mengatakan bahwa dalam pemberian materinya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para Pahlawan Nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik siswa-siswi sekolah dasar.

"Pemberian pemahaman terhadap Wawasan Kebangsaan utamanya kepada anak-anak SD memiliki nilai yang sangat strategis," tambahnya.

Hal ini tentunya dalam rangka pembinaan sumber daya manusia khususnya anak-anak dan generasi muda untuk lebih mencintai tanah airnya, memiliki rasa bela negara, memiliki semangat juang dalam belajarnya serta tumbuh rasa saling menghormati antar sesama semenjak dini serta untuk menunjang pertahanan semesta sebagai sitem pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  (Rasul)
Don't Miss

News Feed