ads

23 January, 2019

Puskesmas Makale Datangi Rumah Warga yang Tak Pernah Cek Kesehatan

Puskesmas Makale Datangi Rumah Warga yang Tak Pernah Cek Kesehatan
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Pencanangan Program Sentuhan Peduli Sesama, semakin digaungkan oleh Pemerintah Daerah Tana Toraja, Rabu (23/01/2019).

Pendataan bagi masyarakat yang membutuhkan sentuhan ini pun diharapkan tepat sasaran sehingga diperlukan data yang akurat sesuai kondisi masyarakat di lapangan.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Puskesmas Makale dalam lingkup Kecamatan Makale. Didampingi Dokter, petugas Puskesmas Makale terjun ke rumah-rumah warga yang tidak pernah datang ke tempat pelayanan kesehatan.

Saat mengecek kesehatan warga, Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Makale, Alfrida, mengatakan warga yang rata-rata sudah berusia lanjut bahkan ada yang mengalami gangguan jiwa tersebut, memang tak mampu untuk pergi mengecek kesehatannya.

"Rata-rata sudah berusia lanjut, bahkan ada yang mengalami gangguan jiwa sehingga wajar jika tidak pernah pergi cek kesehatan," kata Alfrida.

Selain faktor usia dan gangguan jiwa, warga ini pun lebih banyak tinggal seorang diri dan tidak mampu.

Beberapa di antaranya sudah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dijamin oleh pemerintah, namun keterbatasan biaya menuju tempat pelayanan kesehatan, mengurungkan niat mereka untuk berobat.

Kedatangan rombongan dari Puskesmas Makale ini pun, menjadi angin sejuk bagi warga yang sudah lama merindukan pelayanan kesehatan.

"Mereka sangat senang, apalagi ada dokter yang langsung mengecek kesehatannya serta memberikan beberapa obat yang dibutuhkan," tambah Alfrida.

Banyak hal baru yang didapati Puskesmas Makale di lapangan, sehingga diharapkan lewat program Sentuhan Peduli Sesama yang menjadi bagian dari tiga pilar pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, masyarakat Tana Toraja dapat merasakan kehadiran pemerintah dalam merangkul semua masyarakatnya. (Kris)
Don't Miss

News Feed