ads

22 January, 2019

Jangan Percaya Informasi Hoaks,Tim Ahli: Luapan Bendungan Bili-bili Masih Wajar

Jangan Percaya Informasi Hoaks,Tim Ahli: Luapan Bendungan Bili-bili Masih Wajar
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, GOWA - Hujan dengan intens tinggi terus mengguyur hampir semua wilayah di Sulawesi selatan, Selasa (22/1/2019) dini hari hingga siang hari ini menjadikan debit air terus meningkat di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Gowa.

Tim Ahli Operasional Bili-bili, Hamzah menjelaskan kondisi Bendungan Bili-bili saat ini masih dalam status kewajaran. Hamzah, menegaskan warga tak perlu panik, sebab kondisi air dalam bendungan Bili-bili belum masuk kategori waspada.

"Debit air masih normal. DAM Site atau evalasi air masih di angka 101.64 meter. Status siaga itu apabila berada di angka 103," tegas Hamzah dilaman Tribun Timur, Selasa (22/1/2019) siang.

"Mohon kepada masyarakat tetap tenang dan jangan mudah percaya pada informasi hoaks. Ketinggian air belum masuk kategori siaga. Kita masih aman," jelas Hamzah.

Hamzah melanjutkan, untuk mengontrol kondisi air tetap terjaga, pihaknya melakukan pembukaan pintu air. Hal itu dilakukan agar kondisi air Bendungan Bili-bili tetap terkontrol.

"Kalau curah hujan tinggi, pintu air kita buka untuk mengontrol. Air dialirkan ke sungai Jenneberang," tambah Hamzah.

Sebelumnya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengimbau warga yang ada di sekitar Bendungan Bili-bili Kabupaten Gowa waspada, Selasa (22/1/2019).

Ini menyusul status Bendungan Bili-bili ditetapkan menjadi waspada karena ketinggian air. Dua hari terakhir, cuaca buruk terjadi di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan hingga BMKG mengeluarkan Peringatan Dini

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan juga mengimbau warga waspada terhadap dampak banjir yang bisa timbul akibat cuaca buruk.

Berikut imbauan resmi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan lewat laman Instagramnya:

Masyarakat Gowa & sekitarnya yang Sy cintai.. Sy ingin infokan bahwa kondisi bendungan bili-bili saat ini di tetapkan menjadi WASPADA karena ketinggian air sdh 101,36 mtr.. sehingga saat ini dilakukan pembukaan pintu air, yang tentu akan berdampak Banjir yg cukup tinggi.. olehnya itu Sy menghimbau agar masyarakat mengungsi dulu dari aliran Hilir bendungan bili-bili, sambil kita sama2 berdoa kpd Allah SWT agar curah hujan normal kembali dan kita semua selalu dlm lindungan Allah SWT.. Amiinnnn!
Don't Miss

News Feed