Ciri Dan Tanda Kehamilan Pada Seorang Wanita

Ciri Dan Tanda Kehamilan Pada Seorang Wanita
RAKYATSATU.COM - Kehadiran seorang anak dalam ikatan rumah tangga menambah kehangatan untuk bisa mempererat tali kasih sayang suami istri. Dengan adanya kehamilan tentunya menjadi pelengkap dalam kehidupan berumah tangga. Banyak wanita tidak mengatahui bahwa dirinya telah hamil.

Pada umumnya wanita hanya menandai saat telat datang bulan saja, memang sebenarnya ciri khas itu tidak hanya terpaku pada hal tersebut dan masih banyak lagi ciri kehamilan yang bisa anda ketahui pasti tidak akan kaget saat hal yang terjadi secara tiba-tiba pada tubuh anda akibat adanya kehamilan.

Perubahan secara fisik ini biasanya yang lebih mudah untuk dikenali oleh masing-masing ibu hamil atau orang di sekitarnya. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh saat kehamilan awal dari sebelumnya. Berikut ini beberapa perubahan yang terjadi pada ibu hamil!


Perubahan Payudara

Salah satu perubahan yang terjadi pada wanita hamil yaitu adanya perubahan pada bentuk dan ukuran payudara. Dalam hal ini terjadi perubahan tekstur payudara yang lebih mengencang atau melunak. Memasuki tahap awal kehamilan, payudara wanita akan menggembung dengan ukuran yang semakin membesar dari biasanya.


Keluar Flek

Munculnya flek mirip haid adalah ciri awal mula kehamilan. Hanya saja banyak wanita yang tidak menyadari kemunculan flek ini sebagai tanda kehamilan. Banyak yang hanya berebut haid biasa saja. Munculnya flek tanda kehamilan tentunya beda dengan haid pada umumnya. Biasnay ​​flek ini muncul pada usia kehamilan hari ke-5 dan hari sampai ke-10. Terjadinya flek atau keluarnya ini akibat proses pembuahan di dalam Rahim

Penciuman Sensitif

Pada ibu hamil, penciuman akan lebih sensitif dan tidak menyukai bau tertentu. Bahkan terkesan tidak akan menyukai bau menyengat. Ada beberapa kondisi ibu hamil yang sangat benci dengan bau dirinya dan juga suami. Hal ini lumrah akibat adanya perubahan hormon kehamilan.

Kram Perut

Kram pada perut seperti sekali sakit menstruasi juga akan terjadi oleh ibu hamil sebagai salah satu bentuk kondisi pembuahan dalam tubuh. Kram pada perut ini merupakan reaksi pembuahan dan perkembangan janin berlangsung baik di dalam Rahim.

Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Jika biasnya buang air kecil normal dan tidak terlalu sering, maka masuknya kehamilan dan adanya perubahan pada hormon tubuh maka akan merusak udara. Peningkatan ini juga akibat akibat Rahim berkembang yang mulai menekan kandung kemih sehingga ruangnya lebih sempit dan dampaknya sering buang air kecil.

Tubuh Mudah Lelah

Adanya perubahan hormon dalam tubuh menyebabkan ibu hamil pertama merasa sangat lelah. Bahkan malas sekali untuk beraktivitas. Kondisi ini sangat lumrah dan pastinya semua ibu hamil akan mengalami gejala dan kondisi seperti ini. Tubuh mudah tersering akibat adanya perubahan hormon yang siap tumbuh kembang janin.

Muntah

Ibu hamil tahap pertama pasti akan merasakan mual dan muntah. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan pada Rahim yang menekan lambung dan juga perubahan hormon. Jangan khawatir jika kondisi ini normal. Perbanyak minum dan makanan bernutrisi tinggi. Gejala morning sickness ini tentu dialami oleh masing-masing ibu hamil. (Red)
loading...
close
Rakyatsatu