Iklan

Iklan

Wujudkan Keluarga Kecil Berkualitas, Pemkab Maros Canangkan Kampung KB

13 Juli 2017, 10:21 PM WIB Last Updated 2017-08-02T16:14:30Z
RAKYATSATU.COM, MAROS - ‎Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung serta pembangunan sektor kependudukan dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas dan peningkatan peserta Keluarga Berencana (KB) Aktif dan peserta KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros mencanangkan Kampung KB.

Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Maros, Dra Hj Nuraeni Wahid mengatakan bahwa Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga serta sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Ia ‎menambahkan, pencanangan Kampung KB merupakan pula bentuk tindak lanjut Pemkab Maros terhadap surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 440/70/J.1 tanggal 11 Januari 2016 Tentang Pencanangan dan Pembentukan KB.

‎"Jadi pencanangan Kampung KB di Kabupaten Maros telah berjalan dan pada bulan Mei telah dilakukan pencanangan Kampung KB tingkat kabupaten di Dusun Padangsitang, Desa Borikamase, Kecamatan Maros Baru yang dihadiri Bupati Maros sekaligus mencanangkan Kampung KB," kata Hj Nuraeni Wahid, Kamis (13/7).

Salah seorang anggota tim pencanangan/pembentukan Kampung KB Kabupaten Maros yang juga staf Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Maros, Andi Irfandi mengatakan, saat ini sudah ada 7 kecamatan di Kabupaten Maros yang memiliki atau telah melakukan pencanangan Kampung KB dan sisanya 7 kecamatan lagi akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

"Sudah selesai 7 kecamatan pencanangannya, sisa 7 kecamaran di Kabupaten Maros, Insya Allah akan dilakukan pencanangan Kampung KB yang tersisa dalam waktu dekat ini," kata Andi Irfandi.

Ia menambahkan, adapun kecamatan yang sudah ‎dilakukan pencanangan atau sudah memiliki Kampung KB yakni Kecamatan Maros Baru, Mandi, Marusu, Moncongloe, Tompobulu, Simbang, dan Kecamatan Tanralili. Sementara yang belum yaitu, Kecamatan Lau, Bontoa, Turikale, Bantimurung, Cenrana, Camba, dan Kecamatan Mallawa. (Rasul)
Komentar

Tampilkan

  • Wujudkan Keluarga Kecil Berkualitas, Pemkab Maros Canangkan Kampung KB
  • 0

Terkini

Iklan